-->

Mengenal Apa Itu Proxy Server

Saat perangkat ponsel, komputer, tablet maupun laptop terhubung dengan internet, disitu ada banyak sekali resiko yang harus kita hadapi. Bukan hal aneh bila pengguna internet selalu waspada akan bahaya saat terhubung dengan internet tersebut. 


Apa Itu Proxy Server


Apalagi jika seseorang saat mengakses internet tidak menggunakan proxy. Apa itu proxy? Mari kita bahas mengenai apa itu server proxy, jenis proxy serta cara mendapatkan proxy tersebut. Tanpa menggunakan perlidungan dari proxy server maka IP address anda terlihat jelas. Saat terhubung dengan internet IP address sebaiknya disembunyikan. Karena melalui alamat IP yang dimiliki perangkat anda, seseorang bisa menggunakannya untuk suatu hal yang tujuanya kurang baik.


Misalnya saja seperti menyebarkan virus malware, mengambil data pribadi milik kita dan masih banyak lagi. Cara mencegah hal tersebut terjadi pada anda, disarankan memakai proxy sebagai jembatan transmisi dari perangkat menuju ke jaringan internet.

Apa Itu Proxy Server?

Proxy server adalah sebuah perangkat keras atau komputer yang digunakan untuk menyediakan berbagai macam layanan proxy yang diperlukan oleh pengguna. Sedangkan Proxy adalah sebuah sistem yang melindungi IP Adress pengguna saat melakukan berbagai aktivitas online.


Dengan  adanya perlindungan dari proxy, jika ada seseorang yang mencoba melacak data anda, maka data yang tampil merupakan data palsu yang dibuat oleh proxy server. Mudah sekali menemukan layanan proxy server mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Bagaimana Proxy Server Bekerja?

Tugas utama dari proxy server yaitu meneruskan lalu lintas anda menuju ke sebuah situs yang ingin anda kunjungi. Bingung ya?  Begini penjelasan mudahnnya.


Bagaimana Cara Proxy Server Bekerja


Dalam kondisi normal, saat Anda mengetikkan alamat website (https://www.artistsagainstttip.org/ atau lainnya), server milik provider internet yang anda gunakan (ISP) melaksanakan perintah anda untuk mengunjungi situs tersebut dan menampilkanya ke layar perangkat yang digunakan.


Akan tetapi, kondisinya menjadi berbeda apabila menggunakan proxy. Server ISP yang anda gunakan menuju ke server proxy terlebih dulu. Baru dari server proxy yang meneruskan permintaan Anda ke alamat website yang anda inginkan. Cara inilah yang membuat alamat IP asli anda tidak dapat dideteksi oleh website karena yang Anda menggunakan alamat milik IP server proxy.

4 Jenis Proxy Server dan Fungsinya

Harus anda ketahui bahwa proxy terdapat berbagai jenis dan memiliki fungsi yang berbeda, tidak hanya digunakan untuk melindungi anda saat mengakses sebuah website. Ada empat jenis proxy yang harus anda ketahui, yaitu :

Transparent Proxy

Proxy ini digunakan bisa digunakan untuk mengakses sebuah website, namun proxy server tidak melindungi IP pada perangkat yang sedang digunakan.

Anonymous Proxy

Jenis ini akan memperkenalkan dirinya pada server website yang dituju sebagai proxy, namun tidak memberikan informasi IP yang anda gunakan.

Distorting Proxy

Jenis proxy yang ketiga ini akan menyembunyikan IP asli yang digunakan perangkat anda, akan tapi tetap memperkenalkan dirinya sebagai sebuah proxy server.

High Anonymity Proxy

Jenis proxy yang terakhir ini adalah merupakan proxy yang memiliki kemampuuan dalam menyembunyikan identitas proxy server dan alamat IP yang digunakan pada perangkat pengguna. Website tujuan hanya dapat melihat sebu ah alamat IP acak yang menghubungkannya, bukan alamat IP milik Anda.

Kenapa Proxy Server Masih Digunakan?

Ada beragam alasan yang perlu Anda pahami kenapa harus menggunakan sebuah proxy sebagai jembatan saat mengakses jaringan internet. Salah satunya alasanya ialah karena ada akses yang diblokir internet service provider sehingga tidak bisa mengunjungi situs dari negara atau alamat IP tertentu.


Berikut beberapa alasan kenapa pengguna internet menggunakan proxy :

  • Pengguna tidak mau identitas seperti lokasi dan alamat IP yang digunakan diketahui, maka digunakanlah proxy untuk menyembunyikanya.
  • Dibeberapa tempat seperti sekolahan, tempat kerja, dan lainya membatasi website tertentu yang dapat diakses. Sehingga digunakanlah proxy sebagai solusi menembus batasan.
  • IP Adress Indonesia di blokir aksesnya oleh server website karena alasan tertentu
  • Untuk mendapatkan akses yang lebih cepat saat membuka sebuah situs

Resiko dan Kekurangan Menggunakan Proxy Server

Dibalik kelebihan, tentu ada kekuranganya. Begitu pula pada server proxy yang memiliki beberapa kekurangan, yaitu :

Lalu Lintas Tidak di Enkripsi Oleh Server Proxy

Ada beberapa server proxy tidak memiliki kemampuan untuk mengenkripsi, yaitu transparent proxy, seperti yang sudah saya  jelaskan pada bagian sebelumnya. Tentu hal ini tidak bisa memaksimalkan dari tujuan anda menggunakan proxy. Identitas perangkat yang Anda pergunakan untuk mengakses sebuah halaman website atau situs tertentu masih dapat terbaca dengan mudah karena tidak di enkripsi.

Segala Aktivitas Yang Melewati Server Proxy Selalu Dicatat

Walaupun beberapa server proxy sudah memalsukan identitas perangkat anda pada saat menjelajah di internet, namun tidak jarang server ini memiliki kemampuan menyimpan data pengguna yang menggunakan layanannya. Terlebih jika anda menggunakan layanan server proxy, maka semua aktivitas yang melalui server tersebut akan dicatat.

4 Aplikasi Proxy Gratis Untuk PC

Hotspot Shield

HotSpot Shield merupakan aplikasi proxy yang di ciptakan oleh Anchor Free, merupakan salah satu software proxy VPN yang paling banyak digunakan dan telah ada sejak beberapa tahun silam sampai sekarang. Aplikasi ini popularitasnya kian menanjak di antara aplikasi dari perusahaan lain dalam kategori layanan VPN gratis terbaik.

Betternet

Betternet terbilang cukup mudah untuk digunakan. Anda bisa mengaktifkan VPN gratis terbaik ini hanya dengan satu klik saja. sangat mudah menggunakanya bahkan untuk pemula. Setelah perangkat berharil terhubung, anda bisa langsung mengkases situs apapun dan memungkinkan Anda terhubung kemanapun tanpa diblokir.

Hideme

Aplikasi proxy terbaik untuk pc berikutnya ini berkantor pusat di Malaysia dan memiliki server di tiga negara yaitu, Kanada, Singapura, dan Belanda. Layanan ini terbatas untuk penggunaan pada satu perangkat saja. Meskipun ada batasanya, yang disukai dari aplikasi VPN Hideme ini adalah adanya fitur privasi yang kuat tanpa ada iklan yang mengganggu dan tidak ada lemot dalam kecepatan.

Spotflux

Spotflux menawarkan perlindungan koneksi dan memungkinkan anda bisa mengakses situs dan data dengan aman. Hal yang menarik dari aplikasi VPN gratis terbaik ini ialah tidak hanya menjaga kemanan data, memiliki kemampuan untuk memblokir perusahaan internet yang mengintip lalu lintas anda dan memiliki kemampuan sebagai high anonymity proxy.


Proxy server dapat dipergunakan untuk menyembunyikan beberapa informasi penting pada perangkat saat menjelajah internet seperti informasi lokasi saat mengakses dan alamat IP. Tentu masih ada fungsi-fungsi lainya yang dijelaskan secara rinci pada artikel ini.


Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan juga, seperti tidak semua server proxy memiliki kemampuan yang sama. Konfigurasi untuk menggunakan proxy server juga dapat dilakukan dengan mudah, jadi hal ini tidak menyulitkan bagi orang awam.


Itulah penjelesan dari saya berkaitan apa itu proxy server, kegunaan, kekurangan serta contoh aplikasi proxy gratis yang dapat anda gunakan kapanpun. Bila ingin mendapat informasi terbaru dari blog ini, silahkan kunjungi terus blog saya ini.

LihatTutupKomentar