-->

Cara Optimasi SEO Website Masuk Halaman Satu Google

Bagaimana cara optimasi seo website masuk halaman satu google yang mudah dan cepat untuk orang awam? Pembahasan ini paling dicari dan banyak disukai penggiat SEO pemula maupun yang sudah berpengalaman. Bagi blogger maupun pemilik bisnis online, website masuk halaman pertama google sebuah kewajiban dan menjadi kebanggaan. Apalagi jika berhasil diperingkat tiga besar, pasti merasa dirinya sudah mahir dalam seo dan semakin semangat mengurus blog yang dimilikinya.


Cara Optimasi SEO Website Masuk Halaman Satu Google


Bener ga sih ada cara optimasi seo agar website masuk halaman satu google? Tentu saja ada caranya dan tidak perlu menjadi master seo untuk mendapatkan rangking yang bagus di Google. Namun ada beberapa hal yang harus dilakukan dengan benar dan ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan, hal ini nanti akan dijelaskan.

Cara Mudah Optimasi SEO Website Masuk Halaman Satu Google

Kalau tujuanya sebatas website berada diperingkat 3 besar google, tidak sulit. Namun yang menjadi pertanyaan apakah kata kunci tersebut bisa mendatangkan banyak pengunjung ke website? Bagi saya percuma saja jika rangking di Google bagus tapi trafik yang didapat kurang memuaskan. 

Sekarang muncul pertanyaan dibenak anda, seperti apa teknik yang digunakan agar website masuk peringkat 5 besar dan trafik blog meningkat dari sebelumnya, benarkan? Tanpa berlama-lama lagi, saya bagikan tipsnya disini. Tips ini berdasarkan dari pengalaman yang saya terapkan selama ini.

Gunakan Kata Kunci High Volume dan Low Kompetitor

Kata kunci high volume dan low kompetitor apa maksudnya? Carilah kata kunci atau keyword yang jumlah pencarianya tinggi tapi belum banyak dikompetitornya. Komptitor banyak artinya kata kunci tersebut sudah menjadi incaran blogger, sehingga persaingan perebutan rangking 10 besar sangat ketat. Sebagai pemula, saya menyarankan hindari memilih kata kunci yang persainganya tinggi, namun pilih kata kunci yang low kompetitor atau persaingan rendah.


Bagaimana jika bisnis yang sudah terlanjur berjalan persainganya ketat? Anda tetap saja bisa mewujudkan keinginan agar web bisnis muncul dihalaman utama google, akan tetapi perlu waktu yang cukup lama serta strategi seo yang lebih bagus dari kompetitor. Anda harus menganalisa strategi yang digunakan kompetiror, apa saja backlink yang digunakan dan kompetitor menggunakan backlink dengan kualitas seperti apa, hal itu semua harus anda anlisa. Apabila tidak punya waktu melakukan hal tersebut, cara lain yang bisa dilakukan menggunakan jasa seo.


Tingkat persaingan kata kunci dan volume pencarian bisa dilihat menggunakan beberapa tools seperti Ahrefs, Keyword Revealer, SEO Spy Glass dan Ubersuggest. Tools tersebut juga memiliki fitur menampilkan kata kunci turunan yang berkaitan, sehingga hal ini memudahkan anda untuk menemukan alternatif kata kunci lainya.

Buatlah Artikel Yang Berkualitas

Jika anda pernah melihat artikel yang kurang bagus namun berada dihalaman utama Google, jangan beranggapan bila membuat konten yang berkualitas bukan suatu hal yang penting. Sebab, konten yang anda lihat tersebut tidak lama akan tenggelam bahkan tidak lagi terlihat di halaman mesin pencari manapun. Pernah mendengar istilah "konten is the king" ? Itu bukan sekedar istilah biasa, melainkan sebuah perintah yang harus anda lakukan saat membuat artikel atau konten.


Seperti apa contih artikel yang berkualitas? Mungkin anda pernah membaca artikel tersebut namun belum menyadari bila artikel semacam itulah yang berkualitas. Apakah anda pernah membaca artikel mengenai suatu hal yang ingin anda ketahu dan setelah membacanya anda merasa puas dengan penjelasanya? Nah seperti itulah ciri dari sebuah konten yang dinilai memiliki kualitas. Dimana ulasan dari artikel tersebut dapat memberi jawaban apa yang sedang dicari oleh pengunjung, bahkan memberikan ilmu baru yang berkaitan dengan apa yang sedang dicarinya.


Bukan perkara mudah dalam membuat artikel yang berkulitas bagus, ada banyak hal yang perlu dilakukan sebelum mulai membuatnya. Beberapa hal diantaranya mencari informasi yang sedang banyak dibicarakan, mengumpulkan data-data dari sumber yang terpercaya serta memberikan penjelasan dengan susunan kalimat yang mudah dicerna oleh audiens.

Tidak Berlebihan Mengulang Kata Kunci (Keyword Density)

Dalam penulisan konten yang merujuk pada seo agar mudah masuk halaman pertama google, dikenal dengan istilah Keyword Density. Apa itu Keyword density? Dapat diartikan mengulang kata kunci bidikan utama dalam satu artikel. Sebagai contoh anda sedang membuat artikel tentang "panduan membuat blog" dan kata kunci yang anda bidik adalah "panduan membuat blog".


Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai berapa persentase keyword density yang aman, namun ahli seo dunia berpendapat bila pengulangan kata kunci sebaiknya tidak melebihi dari 2.5%. Jika sudah melebihi, anda bisa menguranginya dengan menambhkan jumlah kata pada artikel atau mengubah kata kunci tersebut dengan yang lain.

Pada artikel yang terlalu banyak pengulangan kata kunci, terlihat kurang nyaman saat dibaca audiens. Dari segi mesin pencari, artikel tersebut dinyatakan curang sebab terlalu banyak mengulang kata kunci tertentu dengan tujuan agar cepat diberikan peringkat yang bagus. Bila tidak segera diperbaiki, Google akan memberi hukuman sampai artikel tersebut dianggap wajar angka keyword density-nya.

Berikan Backlink Untuk Website

Sudah banyak yang tau bila backlink berguna untuk mendorong website berada dihalaman satu mesin pencari, maka tidak mengherankan setiap hari blogger selalu mencari situs yang bagus dijadikan backlink. Namun perlu diperhatikan, jangan hanya berfokus pada jumlah backlink, kualitas harus anda perhatikan. Resikonya besar jika anda salah dalam memberikan backlink ke website anda.


Seperti apa contoh backlink yang berkualitas bagus? Ada beberapa indikator yang harus dipenuhi, pertama website tersebut tidak ada konten negatif yang dilarang google, kemudian backlink dofollow, domain authority tinggi seperti backlink ac.id milik universitas ternama di Indonesia dan yang terakhir backlink berada didalam artikel (kontekstual link).

Jangan bayangkan mencari backlink yang berkualitas pekerjaan yang mudah, website yang bagus tentu tidak gampangan dan tidak mudah dalam memberikan link eksternal ke website lain. Oleh karenanya, web anda harus di isi dengan artikel yang memiliki kualitas sehingga bisa mendapat sumber backlink gratisan dari website yang bagus dan memiliki authority yang tinggi.

Gunakan Media Sosial Untuk Membagikan Artikel

Media sosial tidak sebatas wadah untuk memabagikan cerita anda, mencari teman baru dan berjualan. Beberapa blogger ternama memanfaatkan media sosial untuk membagikan tulisan yang sudah dibuatnya. Respon dari sosial media memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pemberian peringkat. Jika tulisan anda banyak yang memberikan like, share dan respone positif, tidak perlu menunggu lama untuk tampil dihalaman utama Google.

Jangan berlebihan dalam memanfaatkan sosial media untuk promosi artikel, disana juga terdapat aturan bila sebuah akun terlalu sering membagikan tautan (link), tautan tersebut diblokir dalam waktu yang cukup lama sehingga tidak bisa lagi menggunakan sosial media untuk promosi. Saya menyarankan, anda sebaiknya hanya membagikan artikel yang benar-benar lagi trending atau dibutuhkan banyak orang.


Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa ternyata ada cara optimasi seo website agar masuk halaman satu Google.  Selama mematuhi aturan penulisan serta larangan penulisan yang sudah ditentukan oleh Google, peluang mendapat peringkat yang bagus terbuka lebar. Tidak percaya? Segera buktikan sendiri.

LihatTutupKomentar