5 Kekurangan Beton Cor Ready Mix

Kekurangan Beton Cor Ready Mix - Saat ini, seperti yang kita ketahui beton mulai menunjukkan taringnya dengan mengeluarkan banyak inovasi salah satunya dengan lahirnya beton ready mix. Layaknya banyak produk lain, beton ready mix pun memiliki kekurangan dan kelebihanya sendiri.


Kekurangan Beton Cor Ready Mix

Beton Cor Readymix merupakan salah satu produk beton cor pilihan yang paling sering menjadi pilihan utama baik oleh pemilik konstruksi bangunan maupun para pimpinan proyek hingga pekerja proyek. Hal tersebut dikarenakan produk beton ini memiliki kualitas terbaik dibandingkan dengan produk lain dikelas yang sama. Produk cor beton ready mix dibuat melalui sistem pemrosesan yang lebih modern bila dibandingkan dengan produk beton konvesional. Hal tersebut dikarenakan dalam pembuatanya telah  menggunakan peralatan canggih dan modern, sehingga tidak memerlukan banyak waktu dalam pembuatanya.

Meski Ready mix termasuk jenis beton yang handal, tetap saja ada kekurangan dari menggunakan beton ready mix. Mau tau apa saja kekuranganya? Saya jelaskan secara singkat melalui artikel ini.

Pada ulasan yang sebelumnya, saya sudah membahas apa saja yang menjadi kelebihan dari beton cor ready mix. Jika anda melewatkanya, saya sarankan bacalah terlebih dulu.

5 Kekurangan Dari Beton Cor Ready Mix

Kualitas Terbaik Beton Cor Ready Mix Kurang Dari 2 Jam

Salah satu bahan pertimbangan mengapa banyak orang yang masih ragu-ragu untuk menggunakan beton ready mix yaitu karena pengerjaan beton ini yang harus ekstra cepat. Armada truk mixer berfungsi untuk membawa adonan cair beton ready mix dalam kapasitas yang cukup besar (3 – 7 m3) dan kualitas terbaiknya hanya dapat bertahan kurang dari 2 jam. Jika melebihi dari 2 jam maka secara alami kualitas beton menurun atau dengan kata lain tidak sebagus yang sebelumnya.

Apabila jika pengerjaan memerlukan waktu lebih dari 4 jam, adonan beton yang masih cair akan mengeras sehingga tidak dapat digunakan.

Minimal Pembelian Ready Mix

setiap perusahaan produsen beton ready mix memberikan aturan minimal pembelian. Biasanya untuk batas minimal pemesanan ialah 5 meter kubik untuk mobil mixer yang berukuran besar atau 3 meter kubik untuk mobil mixer yang berukuran kecil. Namun jika dilihat lebih teliti lagi, harga beton cor ready mix untuk ukuran mobil mixer kecil sebenarnya jauh lebih mahal serta terdapat selisih harga yang lumayan fantastis dengan mobil mixer berukuran besar.

Terbatasnya Tempat Produksi Ready Mix

Kekurangan dari beton ready mix yang selanjutnya adalah terbatasnya tempat produksi atau batching plant. Proses produksi hanya bisa di tempat tertentu yangtidak jauh dengan kota besar serta tidak didekat pemukiman penduduk.

Adanya Jarak Maksimum Pengiriman Beton Ready Mix

Keterbatasan tidak hanya dari waktu saja, jarak pengiriman beton ready mix pun juga memiliki batasan. Umumnya batas jarak pengiriman beton ready mix sejauh sekitar 20 km saja, namun jika melebihi dari jarak yang telah ditetapkan, akan dikenakan biaya tambahan yang besarnya ditentukan pihak produsen. Sedangkan untuk jarak pengiriman beton yang sudah jadi maksimalnya hanya sejauh 50 km saja.

Memerlukan Akses Jalan Yang Besar

Apakah Anda pernah berpapasan dengan mobil mixer atau yang lebih dikenal dengan truk mobil molen? Jikapernah, Anda tentu tahu betapa besarnya mobil yang biasanya digunakan untuk mengangkut beton ready mix cair. Untuk yang berukuran kecil saja, mobil mixer ini tingginya mencapai sekitar 3.14 meter dengan lebar body kendaraan 2.2 meter dan panjang kendaraan 5.5 meter. 

Sedangkan untuk ukuran armada yang besartruk mixer ini ketinggianya mencapai 4 meter , lebar body truk 3 meter dan panjang truk mencapai 7.5 meter. Oleh karenanya, jika anda ingin menggunakan beton ready mix, terlebih dulu sebaiknya perhatikan berapa lebar jalan serta panjang jalan untuk akses ke lokasi penuangan cor cair.

Itulah ulasan saya kali ini mengenai kekurangan dari beton cor ready mix. Semoga informasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum menentukan keputusan.

LihatTutupKomentar