Panduan Membuat Backlink Pyramid Yang Efektif

Backlink dalam strategi seo merupakan ujung tombak yang menjadi kunci sukses mendorong situs anda ke posisi peringkat teratas. Dengan perpaduan artikel berkualitas dan backlink berkualitas, kata kunci yang anda target dapat mencapai peringkat 5 besar dan bertahan dalam kurun waktu yang lama. Dalam beberapa kasus yang saya amati, kompetitor kesulitan mengalahkan kata kunci yang dioptimasi dengan benar. Ada berbagai cara dalam membangun backlink untuk mencapai target yang ditentukan, pada artikel ini saya fokus untuk mengajarkan bagaimana cara membuat backlink pyramid yang efektif.



Pengertian Dasar Backlink Pyramid

Sering juga disebut backlink bertingkat atau piramida, merupakan strategi dalam membangun link dengan sistem bertingkat guna menambah nilai SEO dari tautan yang sudah ada diatasnya. Bila anda pernah mendengar istilah backlink berjenjang, istilah tersebut nama lain dari link building pyramid.


Secara sederhananya, pengertian dasar backlink pyramid adalah sebuah tautan yang memberikan link untuk backlink yang sudah ada sebelumnya, misalnya dari tier 2 memberikan link untuk tier 1 dan tier 1 ke situs utama anda. Dengan skema ini, situs anda mendapat nilai otoritas halaman (Page Authority) yang lebih tinggi dibanding menggunakan cara biasa. Skema pyramid ini biasanya digunakan mengoptimasi kata kunci yang persainganya berat.

Apa Itu Page Authority?

Page Authority atau dikenal juga dengan Otoritas halaman adalah metrik yang digunakan ahli seo untuk melihat seberapa tangguhnya domain. Metrik Page Authority bisa anda lihat melalui tools MOZ. Metrik ini sangat membantu pakar seo dalam melihat kekuatan sebuah domain dan menentukan strategi seperti apa yang sebaiknya digunakan agar bisa bersaing.


Skala angka yang digunakan metrik ini mulai dari 0 hingga 100 dan penghitungan metrik dari setiap domain tergantung pada link eksternal (backlink) yang dimilikinya. Mencapai nilai 20-30 tidak terlalu sulit, nilai 30 keatas mulai sedikit sulit karena harus menggunakan link eksternal dengan otoritas halaman yang tinggi. Umumnya para ahli seo sebelum menerapkan strategi seo agar website masuk halaman pertama google, otoritas ini yang mereka kerjakan terlebih dulu.

Bagaimana Cara Membuat Backlink Pyramid Untuk SEO Website

Dari gambar dibawah ini, anda sudah bisa mendapat gambaran besar kenapa skema ini disebut piramid. Semakin banyak tingkatanya, semakin banyak pula backlink yang diperlukan. Biasanya dalam membangun piramida link hingga tier 4, tidak jarang digunakan tools backlink ototmatis untuk mempermudah pekerjaan.




Dalam membuat link pyramid, anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti dibawah ini :

  • Tier 1 : Menggunakan 2 atau 3 PBN untuk memberikan link ke situs utama. Pada tier ini, artikel yang digunakan memiliki kualitas yang bagus.
  • Tier 2 : Menggunakan 60 hingga 90 web 2.0 dan dibagi rata untuk memberikan tautan ke masing-masing domain pada tier 1. Pada tier 2 menggunakan artikel spinner dengan kualitas baik dan original 100% saat diuji menggunakan tools Copyscape.
  • Tier 3 : Jumlah domain yang dibutuhkan banyak sekali dan link diarahkan ke masing-masin domain pada tier 2. Gunakanlah tools GSA Search Engine biar anda tidak capek mengurus tier 3. Kualitas artikel sudah tidak pengaruh lagi, intinya harus original dan tidak ada plagiat saat diuji dengan tools Copyscape.

Skema link seperti inilah yang sampai saat ini masih aman digunakan meski menggunakan backlink yang jumlahnya jutaan dan menggunakan tools backlink otomatis. Perlu anda catat dan perhatikan, kualitas yang terbaik berikan pada tier 1, kualitas yang baik pada tier 2 dan untuk tier 3 tidak penting lagi dengan kualitas.


Saya menyarankan sebaiknya persiapkan beberapa privat proxy apabila menggunakan tools GSA Search Engine pada bagian tier 3. Proxy tersebut berguna untuk mengecoh robot google agar backlink yang dibuat pada tier 3 terlihat seakan-akan alami.

Penjelasan Mendalam Tier 1, 2 dan 3

  • Tier 1 Backlink Pyramid Pada tingkatan ini semua yang dipergunakan serba berkualitas, mulai dari domain, tampilan blog dan konten. Sematkan link menuju ke situs utama dengan acnhor text yang tingkat persainganya berat. Gunakanlah web 2.0 yang berkualitas atau PBN dari age domain unggulan pada tingkatan yang pertama ini.
  • Tier 2 Backlink Pyramid Pada bagian ini, anda membangun tautan yang mengarah ke tier 1 guna memberikan power yang lebih pada tier 1. Artikel yang anda buat bisa menggunakan tools spinner artikel gratis maupun berbayar. Dengan catatan masih bisa dibaca manusia dan 100% tidak plagiat. Berapa blog yang dibutuhkan pada tier 2? Tergantung dari jumlah domain yang ada pada tier 1. Apabila tier 1 menggunakan 3 domain, maka pada tier ini diperlukan 90 domain.
  • Tier 3 Backlink Pyramid Pada bagian yang ini artinya anda membangun link untuk diberikan pada tier 2 yang jumlahnya mencapai 90 blog. Gunakanlah tools backlink otomatis seprti Scrapebox atau GSA Search Engine, tidak perlu anda lakukan secara manual. Jika ingin menambahkan backlink gratis yang berkualitas, saya rasa tidak masalah selama anda mau melakukanya. Kualitas artikel tidak perlu anda hiraukan, biarkan tools yang anda gunakan mencari artikel dan melakukan spin secara otomatis. Tambahkan setidaknya 10 atau 15 private proxy agar tidak terdeteksi spam oleh robot google yang semakin garang.

Blogger ahli yang membuat backlink pyramid pada umumnya mereka sedang bersaing pada kata kunci yang levelnya tinggi. Persaingan mereka bukan lagi dengan blogger pemula, melainkan blogger profesional yang sudah banyak pengalaman. Anda tertarik juga untuk menggunakan strategi link building ini?


Sebelum mencobanya, persiapkan dulu domain serta blog yang kualitasnya bagus pada tier 1. Persiapkan pula web 2.0 yang akan dipergunakan pada tier 2. Memang terlihat susah dan ribet menggunakan strategi link building ini, namun semua terbayarkan bila anda berhasil menguasai peringkat 3 besar dengan kata kunci level berat.

LihatTutupKomentar