-->

Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron Belleza Tetap Dingin

Kulkas adalah satu dari peralatan rumah tangga yang keberadaanya dianggap cukup penting. Mesin ini mampu menjaga beraneka bahan pangan pada suhu aman & stabil, sehingga bakteri tidak bisa tumbuh. Agar anda bisa dengan tenang menyimpan bermacam-macam bahan pangan dan minuman karena yakin akan tahan lama dalam suhu yang tepat, anda perlu mengatahui bagaimana cara mengatur suhu kulkas polytron Belleza tetap dingin supaya kesegaran makanan selalu terjaga.



8 Cara Mengatur Suhu Dingin Kulkas Polytron Belleza

Hindarkan Kulkas Polytron Belleza Dari Benda yang Menghasilkan Panas

Usahakan dalam meletakan kulkas Polytron Belleza 1 pintu maupun 2 pintu tidak berdekatan dengan benda yang bisa menghasilkan panas seperti kompor masak, microwave, teko pemanas elektrik, magicom dan benda lainya meskipun ruang dapur anda ukuranya tidak luas. Suhu panas yang dihasilkan dari peralatan elektronik rumah tangga tersebut menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu. Selain menyebabkan kulkas lebih cepat rusak, biaya tagihan listrik setiap bulan menjadi lebih banyak.

Hindari Keseringan Buka-Tutup Kulkas

Selain menyebabkan pintu kulkas cepat rusah, kebiasaan sering buka-tutup kulkas bisa menyebabkan kuman serta bakteri masuk kedalam kulkas. Jika kulkas dirumah belum memiliki kemampuan membunuh bakteri maupun kuman yang masuk, sudah taukan apa yang bakal terjadi? Bahan-bahan makanan yang didalam kulkas cepat busuk. Kebiasaan tersebut juga menyebabkan udara dingin keluar dan mesin kulkas bekerja ekstra keras dalam mengembalikan suhu didalamnya  seperti semula

Secara Rutin Membersihkan Karet Kulkas Polytron Belleza

Kemungkinan besar Anda kurang teliti dalam memperhatikan kondisi bantalan karet dibagian pintu kulkas (gasket). Padahal, komponen yang satu ini perananya begitu penting dalam menjaga suhu didalam kulkas. Apabila bagian tersebut tidak dibersihkan secara berkala, kotorakotoran dibagian gasket semakin menumpuk dan menyebabkan udara disekitarnya dengan mudah keluar masuk di sela-selan gasket yang kurang rapat. Untuk membersihkan bagian segel karet kulkas ini, gunakanlah air bersih hangat dengan sabun bertekstur lembut. Sikat bagian gasket menggunakan sikat gigi yang masih bagus ataupun dengan spons lembut dan langsung lap sampai benar-benar kering.


Bila ingin tau apakah gasket kulkas masih dapat berfungsi dengan baik dan layak digunakan, jepitlah satu lembar kertas yang tipis dibagian pintu kulkas. Jika kertas tersebut menempel dengan sempurna di tempatnya, menandakan kondisi karet gasket masih layak pakai. Tapi, apabila saat kertas dijepit, posisinya berpindah-pindah dan tidak bisa menempel dengan sempurna, segeralah ganti dengan gasket yang baru karena sudah tidak layak pakai.

Makanan Panas Jangan Diltekan Dalam Kulkas

Bila anda memiliki makanan kondisi panas dan ingin menyimpanya didalam kulkas, tunda dulu dan tunggu hingga suhu makanan turun dengan sendirinya sampai panas tersebut hilang. apabila anda masukan dalam keadaan panas, yang terjadi kompresor kulkas Polytron Belleza bekerja ekstra keras menurunkan suhu panas makanan. Bila hal ini sering terjadi, kulkas Polytron Belleza 1 pintu cepat rusak.

Suhu Kulkas Jangan Terlalu Dingin

Suhu yang ideal untuk kulkas adalah sebesar 4°C, sedangkan untuk suhu aman pada bagian freezer diangka -17°C. Mengatur suhu kulkas kurang dari itu menyebabkan kulkas anda gampang rusak. Dampaknya tidak hanya menyebabkan tagihan listrik naik, namun kompresor kulkas juga bekerja semakin keras untuk memastikan suhu diruang kulkas tetap dingin.

Sebelum Masuk Kulkas, Wadah Makanan Harus Tertutup Rapat

Pastikan tempat menyimpan makanan sudah ditutup rapat. Apabila tempat makanan anda biarkan dalam kondisi terbuka, kelembaban di dalam wadah tersebut berdampak pada kelembaban kulkas. Karena, selain berguna untuk menurunkan suhu pada makanan, kulkas sebetulnya juga didesain untuk menghilangkan kelembaban. Sehingga, dampaknya tidak hanya menyebabkan kulkas menjadi bau, menyimpan makanan dalam keadaan wadah yang masih terbuka juga menyebabkan kulkas mengeluarkan seluruh kekuatan berlebih yang sangat tidak diperlukan.

Bagian Belakang Kulkas Dibersihkan Berkala

Debu serta kotoran-kotoran bisa berdiam padabagian belakang kulkas dan semuanya yang menempel berkumpul dibagian condenser coil. Kotoran-kotoran yang menumpuk ini bisa menyebabkan kerja kipas kulkas terhambat. Oleh sebab itulah, anda sebaiknya rutin membersihkan bagian belakang kulkas mencegah kotoran maupun debu menempel.

Letakan Botor Berisi Air Didalam Kulkas

Botol minum yang sudah berisi air dapat menyimpan suhu dingin sehingga sangat membantu kulkas dalam mempertahankan suhu di titik rendahnya. Dengan demikian mesin kulkas tidak perlu bekerja lebih ekstra, namun ruang kulkas tetap terjaga suhu dinginnya.


Itulah cara-cara mengatur suhu kulkas Polytron Belleza 1 pintu dan 2 pintu agar tetap dingin yang dapat anda aplikasikan untuk elalu menjaga suhu kulkas agar terus dingin sepanjang hari. Kulkas yang bekerja dengan optimal tanpa ada gangguan, pastinya memiliki umur yang lebih panjang.

LihatTutupKomentar