-->

Cara Menampilkan Marketplace di Facebook Anti Gagal

Masih banyak yang belum tau bagaimana cara menampilkan marketplace di Facebook, padahal saat ini tengah ingin menjual sesuatu melalui  fitur tersebut. Berdasarkan dari hal itulah, saya akan memberikan panduan yang mudah-mudahan bisa anda pahami dan dapat membantu dalam berjualan di Facebook.

 

 

Cara Menampilkan Marketplace di Facebook

 

Marketplace merupakan pasar online yang disediakan oleh platform Facebook. Namanya pasar, pasti ada transaksi jual beli setiap hari.  Ditempat ini anda bisa menjual barang apa saja dan andalah yang menentukan harganya. Ingin mencari sesuatu? Melalui fitur yang  disediakan gratis oleh Facebook ini anda bisa mendapatkanya dengan mudah. Berjualan jualan disini tidak dikenakan biaya tambahan  seperti layaknya di marketplace lain. Inilah yang disukai penjual, terutama dari Indonesia.

Sebelum terciptanya fitur ini, transaksi jual beli dilakukan melalui grup Facebook. Sejalan dengan terus bertambahnya aktifitas jual beli didalam Facebook, dibuatkanlah tempat khusus untuk berjualan. Cara membuat marketplace di facebook ini sangatlah mudah, anda tinggal klik icon marketplace di bagian atas, kmeudian klik tombol jual barang untuk mulai menawarkan barang jualan anda. Justru hal yang sulit yaitu menampilkan icon tersebut. Icon marketplace hanya tersedia pada akun Facebook yang usianya sudah 1 bulan.

Bila akun anda masih baru, satu-satunya cara mengaktifkan marketplace di facebook dengan menunggu beberapa hari hingga diaktifkan otomatis oleh Facebook. Tapi anda tetap bisa berjualan di sosial media ini dengan meminjam akun lama milik orang lain. Kalau anda berhasil menjualnya, jangan lupa untuk berbagi sedikit rejeki pada orang yang telah menolong anda.

Cara Menampilkan Marketplace di Facebook Anti Ribet

Untuk pengguna media sosial Facebook yang sampai detik ini belum berhasil memunculkan marketplace untuk berjualan, beruntung sekali  bisa membaca artikel ini. Saya akan pandu anda pelan-pelan dengan kalimat sederhana dan mudah dimengerti bagaimana cara menampilkan  icon marketplace di Facebook.


marketplace facebook


Seperti ini langkah-langkah cara menampilkan fitur marketplace di fb yang harus anda lakukan:

  1. Buka situs Facebook dengan browser yang biasa anda gunakan
  2. Masuk kedalam Facebook menggunakan akun yang sudah anda punya
  3. Klik ikon toko untuk masuk ke area marketplace
  4. Lihat bagian kiri, ada tombol "+ Jual barang", klik tombolnya
  5. Setelah itu anda dibawa ke halaman "Pilih Jenis Tawaran"
  6. Pilihlah yang sesuai dengan barang yang akan anda jual
  7. Ikuti langka-langkah selanjutnya yang tertera dilayar anda


Dengan mengikuti cara menampilkan marketplace di Facebook yang saya sampaikan diatas, kini anda sudah berhasil mengaktifkan fitur marketplace fb dan bisa mulai berjualan disana. Persiapkanlah gambar-gambar yang menarik, kalimat promosi yang menarik serta harga terjangkau agar banyak yang beli.

Jika mempunyai produk anda ada ulasan berupa video, sebaiknya cantumkan dilapak tersebut agar orang lebih mudah memahami dan mengenali produk yang ditawarkan.

Tips Jualan Online di Facebook


Cari Teman Yang Banyak

Salah satu rahasia jualan laris di facebook dengan mencari teman yang banyak. Usahakan mencari teman baru yang sesuai dengan barang yang dijual. Misalnya saja baju bola yang anda jual, carilah teman yang hobi dengan bola atau ada kaitanya dengan bola. Jangan hanya mengandalan penjualan dari pertemanan yang sudah anda kenal. Semakin banyak teman yang anda miliki, peluang mendapat untung besar semakin terbuka lebar.

Ada trik yang bisa dilakukan untuk menambah teman yang berhubungan dengan produk jualan anda. Carilah fanspage yang mempunyai banyak member, dan tambahkan mereka secara bertahap. Dalam satu hari jangan terlalu banyak menambahkan teman, cukup 25 saja supaya tidak dianggap spam oleh algoritma Facebook.

Buat Akun Khusus

Memisahkan akun pribadi dengan akun bisnis termasuk hal penting yang sebaiknya dilakukan. Menggunakan akun khusus bisnis membuat anda lebih fokus dalam menawarkan produk, membuat ulasan serta memberi penjelasan kepada audience. Akun khusus ini juga berguna menjaga privasi kehidupan anda diluar bisnis.

Variasikan Updata Status Facebook

Cara membuat status jualan di Facebook tidak harus terus menerus tentang penawaran. Anda perlu melakukan variasi supaya audience lebih merasa nyaman berteman dengan anda. Cobalah sesekali anda membuat status yang lain, misalnya tentang proses pengemasan barang, foto saat barang dagangan anda baru datang, foto tempat penyimpanan barang, foto orang-orang yang membantu anda dan lain sebagainya.

Dengan beragamnya status yang di unggah namun masih berkaitan dengan produk yang anda jual, audience lebih merasa percaya dan meyakini bahwa anda seller yang bonafit dan bisa dipercaya.

Aktif Berinteraksi Dengan Audience

Ada banyak hal yang dapat dilakukan agar terjalin interaksi dengan audience, salah satunya dengan memberikan like dan komentar dari status audience anda. Sebelum memberi komentar, pahami dulu apa yang maksud dari status yang diunggah audience anda sehingga komentar yang anda berikan relevant. Bila sering mengajak audience berinteraksi, mereka akan menilai anda sebagai seller yang ramah dan peduli.

Unggah Testimoni, Bukti Transfer Dan Foto

Bagaimana cara menjadi penjual yang terpercaya di Facebook? Nah, hal ini penting anda perhatikan ya. Bila anda memutuskan berjualan menggunakan marketplace facebook, artinya harus menampilkan beberapa bukti kuat bahwa anda seller yang amanah dan dapat dipercaya.

Cara yang bisa anda lakukan dengan mengunggah beberapa foto audience yang sudah membeli, bukti transfer pembelian, testimoni dari konsumen, nomor resi yang baru dan lain sebagainya. Meski terlihat sederhana, hal ini dapat membangun kepercayaan terhadap diri anda.

Sudah saya bagikan panduan cara menampilkan marketplace di Facebook serta tips menjadi penjual yang baik agar barang yang dijual cepat laku. Berjualan di marketplace artinya anda akan bersaing dengan seller dari seluruh Indonesia, untuk itu pelajari seperti apa cara promosi produk kemudian buatlah strategi penjualan yang bagus untuk menarik minat audience belanja ditempat anda.

Jangan biarkan pesaing mengambil konsumen anda. Terus berfikir keras dan kreatif untuk menjadi pemenang dan menjadi seller yang terbaik di marketplace.

LihatTutupKomentar