-->

Kata-Kata Promosi Makanan 2022 : Di Sosmed Instagram, WhatsApp & Facebook

Keahlian dalam merangkai kata-kata promosi makanan di instagram mampu menggugah minat konsumen membeli produk yang ditawarkan. Terlebih jika promosi dilakukan melalui Instagram. Semula mereka hanya berniat melihat-lihat saja, namun karena kata-kata promosi yang dibacanya, secara tidak sadar rela mengeluarkan uang untuk membeli produk anda.


Menulis kalimat promosi semua orang bisa, namun kalimat promosi yang menarik tidak semunya bisa. Harus memahami beberapa teknik penting dalam pembuatanya. Untuk menghasilkan kata-kata yang menarik biasanya dengan menganalisa iklan milik kompetitor atau belajar dari orang yang lebih ahli dalam membuat kata-kata promosi makanan di Instagram.

 

Kata-Kata Promosi Makanan di Instagram


Salah satu yang menjadi keunggulan pada bisnis online yaitu luasnya area pasar yang bisa anda gunakan untuk menjual produk. Bila didukung dengan strategi pemasaran yang bagus, bisnis yang sedang anda geluti bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Meski anda pendatang baru didunia bisnis online, jangan pernah merasa takut melawan kompetitor atau bahkan minder bersaing dengan kompetitor yang lebih senior. Peluang mengalahkanya sangat terbuka lebar apabila anda pantang menyerah.

Manfaat Promosi Bisnis Makanan di Instagram

Dibawah ini berbagai macam manfaat yang dirasakan dari promosi bisnis makanan melalui Instagram jika dijalankan dengan benar:

Efektif Menarik Perhatian Konsumen

Produk baru dari sebuah brand bisa lebih cepat dikenal masyarakat berkat menggunakan promosi. Meskipun banyak sekali media promosi, strategi promosi yang baik selalu tepat sasaran. Tanpa adanya promosi, masyarakat tidak akan mengenal produk makanan dan enggan untuk membelinya.

Untuk Menjaga Loyalitas Konsumen

Promosi makanan yang berisi informasi diskon, harga spesial atau bonus khusus berguna untuk menjaga konsumen agar tetap loyal kepada anda. Lakukanlah promosi secara berkala agar konsumen anda tidak diambil oleh kompetitor.

Menguatkan Brand Bisnis

Semakin sering melakukan promosi, semakin banyak pula orang yang mengetahui dan mulai mengenal brand makanan anda. Masyarakat lebih percaya membeli produk dari brand yang sudah dikenalnya daripada yang belum dikenal.

Pengingat Bagi Konsumen

Produk makanan dari sebuah brand yang jarang sekali di promosikan, lama kelamaan semakin dilupakan konsumen. Bila suatu saat mereka memerlukan barang yang fungsing sama seperti produk anda, mereka membeli produk lain, bukan produk anda karena sudah lupa . Cara agar produk selalu diingat konsumen dengan melakukan promosi. Namun jangan lupa, olahlah kata-kata promosi makanan di instagram sebaik mungkin agar selalu di ingat.

Contoh Kata-Kata Promosi Makanan 2022  di Instagram Yang Menarik

Sudah banyak sekali contoh produk yang berhasil viral di Instagram menjadi incaran utama penghuni di media sosial tersebut. Misalnya saja mie terbang, mie warna-warni, es kepal milo, bakso beranak, bakso mercon, minuman dalgona dan lain sebagainya. Produk-produk tersebut berhasil viral tidak lepas dari peranan cara mempromosikan produk makanan yang digunakan serta peran dari kata-kata promosi makanan di Instagram yang berhasil menarik audien untuk membeli.


Seperti yang banyak dikatakan pakar promosi online melalui vidio Youtube, tugas berat saat membuat konten untuk promosi adalah pemilihan diksi yang bagus dan menarik sehingga menghasilkan kata-kata untuk promosi makanan yang disukai banyak orang, banyak yang membagikan dan akhirnya menjadi viral. Sungguh sulit menerapkan cara promosi makanan online yang seperti itu, namun bukan berarti tidak mungkin dilakukan.


Lalu seperti apakah contoh kata-kata untuk promosi makanan yang tepat di sosial media Instagram ? Dibawah ini beberapa hal yang bisa anda lakukan:

Promo Yang Menarik

Membuat postingan yang menarik dan unik bisa menyita perhatian penghuni Instagram. Lantas yang masih sering menjadi pertanyaan bagaimana cara promosi jualan makanan online dengan kata-kata iklan makanan yang menarik? Jawabanya tentu saja harus tampil beda dari yang lain.


Ada banyak sekali penjual yang melakukan promosi kuliner di media sosial, artinya kompetitor yang dihadapi jumlahnya tidak sedikit. Analisa setiap iklan milik kompetitor anda terutama pada bagian kata-katanya dan temukan sebuah celah yang bisa digunakan untuk improvisasi. Jika kesulitan membuat iklan yang lebih menarik, cobalah minta bantuan untuk membuatkan kata-kata iklan makanan pada orang yang lebih senior dan berpengalaman dalam hal tersebut.

Contoh kata-kata promosi makanan yang menarik, misalnya:

  • Awas! Makan bakso ini bikin perut kenyang seharian
  • Hati-hati ketagihan minum ditempat kami. Dompet anda bisa jebol!
  • Jangan ngaku anak sultan kalau belum makan ditempat kami.

Menginformasikan Nilai Tambah (Value)

Beri tau audiens tentang nilai tambah yang ada di produk bisnis makanan anda. Hal ini terlihat sederhana, namun efektif dalam memikat hati konsumen untuk membeli produk yang anda jual. Cara promosi makanan di sosmed sudah banyak yang menggunakan, jadi tidak perlu lagi diragukan.


Misalnya sepert ini, anda menjual makanan ayam goreng crispy. Nilai tambah yang bisa anda informasikan seperti rendah kalori, digoreng dengan minyak berkualitas, bumbu racikan chef hotel dan lain sebagainya. Semakin berbobot nilai tambah yang diketahui audiens, semakn besar peluangnya produk anda akan dibeli.


Namun yang menjadi kendalah ialah, cara memilih value yang paling tepat untuk di tambahkan kedalam iklan promosi di media sosial yang mempunyai batasan dalam penggunaan kata-kata untuk promosi makanan. Jangan sampai apa yang anda informasikan justru bukan value-nya.

Contoh Kalimat Promosi Makanan di Sosmed Yang Menggunakan Value:

  • Minuman teh menyehatkan, tidak menggunakan pemanis buatan.
  • Makanan diet untuk penderita diabetes. Rendah gula, diet aman.
  • Kripik raja setan, pedasnya dari cabai pilihan.

Promosi Yang Sesuai Kenyataan

Masih sering saya menjumpai cara promosi makanan di facebook dan media sosial lain menggunakan kata-kata untuk promosi makanan yang tidak sesuai dengan kenyataanya. Misalnya, dalam promosi dikatakan "Ayam bakar utuh, ukuran besar dengan harga Terjangkau". Setelah dipesan ternyata ayam tidak utuh, ada bagian kepala dan cakar yang hilang. Model promosi seperti ini kurang bagus karena bisa dinilai menipu audiens.


Tulisan promosi yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya, hanya membuat umur bisnis makanan anda pendek karena banyak pembeli yang kecewa dan menginformasikan keburukan model promosi yang anda lakukan. Sebaiknya gunakanlah kata-kata promosi makanan di Instagram yang apa adanya.

Contoh Caption Promosi Makanan di Instagram Yang Sesuai Kenyataan:

  • Produk herbal aman untuk ibu menyusui
  • Menu jumbo, bisa untuk acara arisan keluarga
  • Roti rasa Stroberi dari selai pilihan 
  • Harga Khusus

Cara promosi usaha kuliner yang satu ini paling umum digunakan. Alasanya karenya audiens sangat suka dengan potongan harga yang besar sehingga harga lebih murah dari biasanya. Sebagai penjual anda harus hati-hati dalam menentukan besarnya potongan harga. Jangan sampai membuat anda rugi banyak.

Contoh penggunaan promosi dengan kata-kata diskon:

  • Harga turun 20% bagi 50 pembeli pertama.
  • Khusus hari jum'at, bakso sapi + pangsit hanya 10 ribuan.
  • Gratis ongkir wilayah kota Bandung.
  • Harbolnas, beli 3 celana bayar 2 celana.
  • Spageti 5 porsi diskon 35% khusus jomblo

Bonus Pembelian

Terkahir, cara mengiklankan makanan di Instagram agar cepat laku bisa memberikan bonus pembelian yang masih relevan dengan produk utama. Cara ini biasanya digunakan pada penjualan produk smartphone dan laptop. Tapi kalau anda kreatif, bisa diterapkan pada produk kuliner.

Contoh kata-kata promo dengan bonus pembelian:

  • Beli gurami bakar 3 kilo, gratis 1 teko jeruk manis.
  • Mie ayam 4 porsi, bonus cakar.
  • Ajak 5 teman beli roti bakar disini, bebas pilih toping.
  • Nasi rames gratis krupuk, bila makan ditempat.

Kata-kata Promosi Makanan di IG Yang Mempengaruhi Pikiran

Tujuan utama dari kata-kata iklan makanan dan produk lainya yang mepengaruhi pikiran yaitu, agar audiens tidak memerlukan banyak waktu untuk berfikir membeli makanan yang anda tawarkan. Bila audiens diberikan banyak waktu, biasanya malah membeli ditempat lain.

Contoh kata-kata jualan makanan di Instargam yang Mempengaruhi Pikiran:

  • Beli kebab sebelum hari senin, ada bonus satu gelas es teh
  • 30 pembeli pizza mini pertama, bebas pilih topping
  • Ayam bakar bumbu bali ekstra sambal untuk hari ini saja
  • Hari ini beli 2 pisang coklat, cukup bayar 1 saja

Kata-Kata Iklan Yang Membuat Audiens Merasa Aman

Kepercayaan adalah faktor utama yang harus didapat audiens sebelum mengeluarkan uang. Bila selama ini kata-kata promosi makanan di instagram yang anda lakukan belum bisa membuat audiens merasa aman, barangkali hal ini yang menjadi penyebab promosi anda kurang efektif.

Contoh Kata-Kata Caption Promosi Yang Membuat Rasa Aman:

  • Dijamin halal, tidak menggunakan bahan-bahan yang haram.
  • Restoran ini tidak menggunakan minyak babi
  • Minuman susu murni tanpa pemanis buatan.

Kalimat Iklan Yang Sulit Dipercaya

Bila anda berhasil menciptakan inovasi baru pada makanan dan belum banyak yang tau, kelebihan ini bisa digunakan untuk membangunkan rasa penasaran audiens sehingga ingin membeli agar rasa penasaranya dapat terjawab.

Contoh Kata-Kata Promosi Makanan di Instagram yang Sulit Dipercaya:

  • Inovasi baru, pempek dari ikan tuna.
  • Varian baru, ayam bakar bumbu rujak hanya ada disini.
  • Beda dari lainya, kebab dengan topping ice krim.

Itulah tadi ulasan beberapa contoh kumpulan kata-kata promosi makanan di Instagram yang bisa saya sampaikan kali ini. Audien  memerlukan produk yang terbaik, harga sesuai dan mudah didapat untuk memenuhi kebutuhanya. Namun jangan sampai anda membuat kalimat promosi yang hiperbola atau melebih-lebihkan sehingga tidak sesuai dengan kenyataan. Hal tersebut membuat bisnis kuliner yang anda geluti cepat mati.


Gunakanlah caption promosi makanan di ig (Instagram) yang menarik, beda dari lainya, mengundang minat audien untuk membeli namun tidak keluar dari kenyataan produk makanan yang anda tawarkan.

LihatTutupKomentar