-->

8+ Penyebab Kenapa Kulkas Tidak Dingin dan Solusinya

Bila secara tiba-tiba kulkas tidak bekerja menghasilkan dingin, segera cari tau penyebab kenapa kulkas tidak dingin dan segera perbaiki. Sebagai alat elektronik yang berguna menyimpan makanan, membuat es batu dan mendinginkan minuman, tentu akan menyulitkan anda bila didiamkan terlalu lama dalam keadaan rusak.


Kenapa Kulkas Tidak Dingin


Hampir setiap rumah saat ini sudah memiliki kulkas 1 pintu atau 2 pintu. Sebagai alat elektronik yang penting, sudah seharusnya anda memberikan perawatan maksimal agar bisa digunakan dalam jangka panjang dan mudah diperbaiki jika suatu saat mengalami kerusakan. Masalah yang sering terjadi biasanya kulkas tidak bisa dingin sehingga makanan dan minuman yang anda simpan tidak awet. Apabila kerusakan ini terjadi pada kulkas anda, seperti apa cara untuk mengatasinya?

Kegunaan Kulkas Pada Rumah Tangga

Kulkas mempunyai banyak sekali manfaat yang diperoleh penggunanya. Selain digunakan untuk mendinginkan minuman, alat ini sering juga digunakan untuk menyimpan makanan siap saji dan bahan mentah makanan. Karena begitu banyaknya manfaat yang didapat, tidak salah bila masyarakat menganggap kulkas sebagai kebutuhan primer yang harus segera terpenuhi.


Bila saat ini anda sudah mempunyai lemari es dirumah, artinya anda harus memberikan perhatian khusus agar tidak gampang rusak sehingga bisa digunakan hingga bertahun-tahun. Kerusakan bisa terjadi bukan dari segi usia pemakaian, kesalahan dalam menggunakan juga menjadi penyebab kenapa kulkas tidak dingin.


Biaya servis kulkas tidak dingin tidak bisa ditentukan seketika. Harus dilihat dulu apa yang menjadi penyebab dan bagian mana yang harus diperbaiki. Jika perbaikan tidak memerlukan penggantian sparepart baru, biaya perbaikan bisa murah. Namun bila diperlukan penggantian sparepart pada bagian yang rusak, jangan heran bila biaya yang harus anda bayar lumayan mahal.

Penyebab Kenapa Kulkas Tidak Bisa Dingin

Lubang Angin Tertutup Bunga Es

Hal pertama dan paling sering menjadi faktor utama kenapa kulkas tidak dingin yaitu, lubang angin tertutup oleh bunga es yang tebal. Lubang angin ini didesain untuk mendinginkan udara yang ada didalam kulkas dan bila ada yang menutupi, terjadilah kulkas anda tidak mau dingin.


Peristiwa menumpuknya bunga es ini sering terjadi pada kulkas 1 pintu Polytron, Aqua, Sanyo, Panasonic, Toshiba, Sanken dam Samsung yang belum dibekali perangkat defrost. Defrost ini berguna mengatur suhu dingin dan panas pada kulkas sehingga tidak ada bunga es yang menumpuk.


Cara menghilangkan bunga es di kulkas cukup mudah. Matikan kulkas dan cabut kabelnya. Buka pintu kulkas dan berikan kipas angin dibagian depan agar bunga es cepat mencair. Bila sudah mencari semua, nyalakan kembali dan tunggu beberapa saat hingga kulkas kembali dingin seperti semula. Sebaiknya pembersihan bunga es ini rajin anda lakukan.

Makanan Panas Disimpan Dalam Lemari Es

Makanan yang masih dalam kondisi panas dan anda simpan didalam lemari es, termasuk hal yang menyebabkan mengapa lemari es tidak mau dingin. Hal ini bisa terjadi karena suhu panas lebih dominan di dalam lemari es, sehingga seluruh ruangan ikut panas.


Jika sekarang anda baru tau kenapa kulkas tidak dingin bisa disebabkan dari menyimpan makanan panas, jangan sampai hal ini anda lakukan dirumah. Kebiasaan ini juga berpengaruh pada tagihan listrik dirumah anda. Sebab lemari es harus bekerja ekstra keras untuk menghilangkan suhu panas dari makanan yang anda simpan.


Bila maksud dari memasukan makanan panas ke dalam lemari es agar cepat dingin, ada car lain yang lebih aman dilakukan. Bisa dengan meletakan makanan panas tersebut mangkok atau piring besar agar panasnya cepat hilang. Bisa juga dengan memberikan kipas angin portabel di dekat makanan untuk mendinginkan makanan.

Meletakan Peralatan Yang Menghasilkan Panas Dekat Lemari Es

Peralatan rumah tangga yang bisa mengahsilkan panas seperti kompor elektrik, termos air, pemanggang roti, oven listrik, pemasan air elektrik dan lain sebagainya sangat mempengaruhi suhu udara di sekitar ruangan. Sebaiknya anda tidak meletakan peralatan yang bisa menghasilkan panas dekar dari lemari es.


Panas yang dihasilkan dari peralatan tersebut berpengaruh langsung terhadap suhu udara di sekitar dan bisa mempengaruhi performa kerja lemari es. Jika anda ingin lemari es selalu dingin tanpa ada kendala, letakan hindari meletakan peralatan tersebut dekat dengan lemari es.

Pintu Yang Tidak Tertutup Rapat

Masih sering terjadi setelah membuka pintu lemari es untuk mengambil sesuatu yang diperlukan, pintu tidak ditutup dengan rapat sehingga udara dingin yang berada didalamnya keluar. Namun tidak jarang juga pintu tdak bisa tertutup sempurna karena karet pintu sudah rusak. Coba periksa bagian tersebut, bila memang karetnya rusak segeralah ganti yang baru.

Pengaturan Suhu Yang Salah

Kenapa kulkas tidak dingin bukan selalu disebabkan karena ada komponen yang rusak, namun bisa saja terjadi akibat pengaturan suhu yang salah. Pada setiap lemari es 1 pintu dan 2 pintu terdapat tombol yang berguna sebagai pengatur suhu, cobalah lihat tombol tersebut. Bila pengaturanya di angka yang kecil, putarlah ke angka yang besar agar lemari es bisa dingin.

Stop Kontak Rusak

Semua peralatan elektronik rumah tangga memerlukan stop kontak sebagai sumber energi listrik agar bisa digunakan dengan semestinya. Namun sering kali kita tidak mengetahui bila stop kontak rusak dan minta diganti baru. Kerusakan pada stop kontak ini bisa menjadi sumber masalah kenapa kulkas tidak dingin.

Untuk mengujinya, cobalah sambnungkan peralatan elektrobik yang lain ke stop kontak tersebut. Bila bisa digunakan dengan baik, mungkin saja kabel pemasangan kabel lemari es di stop kontak kurang benar atau kurang kencang.

Freon Yang Bocor Atau Habis

Freon lemari es bocor atau habis merupakan sumber masalah lemari es tidak bisa dingin. Anda bisa memeriksanya dengan memegang sisi belakang lemari es yang letaknya dengan grill lemari es. Bagian tersebut harusnya hangat saat anda pegang, sebab ditempat itulah freon dilepas ke dalam lemari es.

Bila saat anda pegang tidak terasa hangat, menandakan ada sesuatu yang salah pada bagian tersebut. Segera hubungi ahli servis lemari es untuk melakukan pemeriksaan sekaligus perbaikan.

Tegangan Listrik Yang Tidak Stabil

Tegangan listrik yang sering naik turun (tidak stabil) patut diwaspadai. Pasalnyam tegangan listrik yang sering naik turun bisa mengganggu kerja peralatan elektronik dirumah, termasuk lemari pendingin (kulkas). Kondisi tegangan listrik yang tidak stabil bisa anda lihat dari nyala lampu yang berkedip atau redup.


Apabila listrik dirumah anda tidak bisa stabil, segera minta bantuan petugas PLN agar segera diperbaiki. Sebab tegangan listrik ini memiliki pengaruh terhadap suhu sekaligus umur lemari es.

Kumparan Kondesor Yang Kotor

Kumparan kondesor adalah bagian dari lemari es yang berguna sebagai jalur pembuangan panas yang dihasilkan oleh lemari es. Bila lemari es di rumah anda kurang dingin, cobalah periksa bagian kumparan ini.


Bila kondisinya tertutup banyak debu dan kotor, bersihkan dengan alat penghisap debu atau dengan dengan sikat agar lebih mudah menghilangkan semua kotoran yang menempel. Disarankan untuk membersihkanya minimal setahun sekali.

Kompresor Mengalami Kerusakan

Kompresor ibarat bagian jantung pada lemari es. Tugas utamanya ialah mengubah refrigen dari uap yang dingin dan tekananya rendah, menjadi sebuah uap panas yang tekananya tinggi. Refrigen yang sudah diubah menjadi uap panas tekanan tinggi untuk selanjutnya di salurkan ke kondensor dan berubah lagi menjadi cairan yang tekananya tinggi.


Cairan tersebut di ke koil evaporator, untuk selanjutnya diubah menjadi uap dingin dengan tekanan rendah. Uap dingin inilah yang mengalir keseluruh ruangan pada lemari es.


Dilihat dari fungsinya, bila kompresor mengalami kerusakan tentu berakibat lemari es tidak bisa dingin. Tidak mudah memperbaiki kompresor, saya sarankan biar ahlinya saja yang melakukan tugas tersebut.


Nah diatas sudah saya jelaskan secara rinci apa saja yang menjadi penyebab kenapa kulkas tidak dingin serta solusi mudah yang bisa anda terapkan. Jika sudah anda lakukan perbaikan tapi belum juga kunjung dingin, panggilah tenaga ahli perbaikan kulkas agar masalah cepat teratasi.


Jika anda sedang mencari harga kulkas polytron, saya punya informasi harga kulkas polytron terbaru semua tipe.

LihatTutupKomentar