-->

10+ Peluang Usaha di Daerah Pedesaan Yang Menjanjikan Prospek Bagus

Selama jeli melihat peluang, sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha di daerah pedesaan yang hasilnya tidak kalah menggiurkan. Ada banyak sekali pilihan seperti usaha di pinggir jalan, usaha online, bisnis rumahan, sektor kreatif dan lain sebagainya. Jangan takut tidak laku, setiap jenis usaha sudah memiliki pasarnya sendiri. Tinggal cara anda saja bagaimana mempromosikanya.

 

Peluang Usaha di Daerah Pedesaan yang laku setiap hari

 

Setelah anda selesai kuliah, dari pada bingung tidak ada salahnya mencoba keberuntungan dengan menjalankan bisnis di desa. Tidak jarang orang malas memulai usaha mandiri di desa karena dianggapnya kurang prospek atau bisa juga disebabkan kurangnya ketelitian dalam melihat peluang usaha di desa yang sebetulnya begitu menjanjikan. Jangan salah ya.. Masyarakat desa kinipun sudah mulai moderen, mereka sudah mengenal internet dan smartphone canggih.

Daripada anda lama menunggu mendapat pekerjaan di kota, saya rasa lebih baik jika pulang ke kampung halaman dan anda menciptakan peluang kerja didesa. Berbekal pengetauhan peluang usaha di daerah pedesaan yang saya bagikan ini, anda tidak lagi bingung membuat daftar usaha yang akan dicoba. Dengan begitu anda dianggap sebagai orang yang berjasa, karena bisa menolong perekonomian masyarakat sekitar dan mengurangi angka pengangguran.


Salah satu keuntungan yang didapat bila membuka usaha yang menguntungkan di desa ialah, anda lebih dekat dengan orang tua serta tidak membutuhkan biaya menyewa tempat sebab usaha yang dijalankan bisa dari rumah. Meskipun terpaksa harus menyewa tempat, biaya yang dibutuhkan tentu tidak sebesar di kota.

Ingin tau apa saja peluang usaha yang cocok di desa untuk seorang pemula, prospeknya bagus untuk jangka panjang dan menghasilkan keuntungan besar? Simak pembahasanya hingga selesai ya ...

10+ Peluang Usaha di Daerah Pedesaan Yang Menguntungkan, Menjanjikan & Cepat Menghasilkan Uang


Jasa Pijat Capek

Masyarakat di desa yang setiap harinya bekerja keras, tentunya badan merasa lelah dan ingin dipijat. Hal ini bisa menjadi peluang usaha di desa yang bagus untuk anda coba. Bisnis ini tidak hanya menguntungkan dari segi ekonomi, banyak orang yang merasa terbantu dengan anda karena menghilangkan rasa lelah setelah bekerja.

Bila anda tidak mengerti bagaimana cara memijat yang benar, cobalah mengambil kursus pijat profesional yang bersertifikat. Tidak sulit mendapatknya, banyak sekali tempat kursus pijat di kota besar.

Anda bisa membuka praktek pijat capek di tempat tinggal anda atau menyewa tempat yang lokasinya dipinggir jalan utama. Perkiraan modal awal yang diperlukan kurang lebihnya 7 jutaan. Sudah termasuk biaya sewa tempat dan perlengkapan memijat.

Jalani peluang usaha di daerah pedesaan jasa pijat ini dengan tekun dan semangat, seiring berjalan waktu usaha yang anda rintis dikenal masyarakat luas dan setiap harinya banyak yang mengantri menggunakan jasa anda.

Pengepul Sayuran

Bila anda tertarik berbisnis disektor pertanian, jenis usaha yang satu ini bisa dipertimbangkan. Bukan hanya mempunyai prospek kedepan yang bagus, anda juga memberi kemudahan bagi petani dalam menjual hasil sawah yang sudah dipanen.

Pengepul dikenal dengan istilah lain tengkulak yang artinya pedagang perantara. Contohnya saja pada sektor pertanian, pengepul merupakan orang yang membeli hasil pertanian dalam jumlah besar dan dijual kembali ke pedagang sayuran. Kehadiran pengepul di daerah pedesaan penghasil sayuran, sangat dinantikan karena memudahkan petani menjual hasil panen mereka.

Untuk memulai bisnis pengepul sayuran ini, dari sekarang segeralah bergabung dengan kelompok tani dan carilah pembeli potensial sebanyak-banyaknya untuk mendistribusikan sayuran yang sudah anda beli dari petani.

Pemasok Beras

Menggeluti usaha pemasok beras merupakan peluang usaha yang cocok di desa dan layak anda coba. Beras adalah makanan utama bagi masyarakat Indonesia sehingga menggeluti bisnis ini tidak pernah ada batasnya. Semua orang selalu memerlukan nasi untuk dimakan setiap hari. Mulai dari anak-anak hingga lanjut usia memerlukan nasi. Berkaca dari hal itu, kini kita mengerti kenapa perputaran uang di bisnis beras sangat cepat dan besar. Ada beberapa hal yang harus dipelajari sebelum menggeluti bisnis ini, diantaranya :

  • Memahami jeni-jenis beras serta kualitasnya
  • Tempat yang cocok untuk menyimpan stok beras dalam skala besar
  • Menyiapkan strategi promosi


Jenis usaha ini bisa anda mulai dari rumah. Orang-orang disekitar anda pastinya membuuthkan beras dan menjadi pasar yang potensial.  Tawarkan kepada mereka beras yang anda punya. Bila anda berani, berikanlah beberapa kilogram beras sebagai sampel percobaan. Bila  mereka merasa berasnya enak, inilah titik awal anda berhasil menjual beras di lingkungan tempat tinggal.

Bisnis Warung Makan Kecil-Kecilan

Usaha modal kecil yang terus prospek sepanjang waktu salah satunya warung makan kecil-kecilan. Meskipun di daerah pedasaan masyarakatnya suka masak sendiri, tidak sedikit juga yang tidak sempat masak untuk sarapan sehingga memilih makan di warung yang terdekat dan dari segi harga tidak mahal.

Untuk menghindari kebosanan dengan lauk yang itu-itu saja, buatlah variasi menu setiap hari. Menu makanan yang disediakan harus beragam, jangan pedas semua atau sayur semua. Sediakan pula kerupuk dan gorengan sebagai pelengkap makanan utama.

Memiliki warung makan kecil-kecilan merupakan sebuah peluang usaha rumahan di desa dengan prospek yang cemerlang. Tidak semua orang memiliki waktu untuk masak dan memilih beli di warung yang lebih praktis.

Cukur Rambut

Cukur rambut atau potong rambut peluang usaha di daerah pedesaan berikutnya yang bisa anda pertimbangkan. Rambut manusia yang terus tumbuh serta model rambut yang terus berkembang, menjadikan bisnis yang satu ini selalu dibutuhkan masyarakat di pedesaan. Ketrampilan potong rambut yang saat ini belum anda miliki, bisa diperoleh dengan mengikuti kursus yang mudah sekali anda temukan di  kota besar. Setelah selesai mengikuti kursus dan mempunyai ketrampilan, saatnya anda membuka layanan potong rambut di desa kelahiran.

Cuci Motor

Bisnis modal 5 juta dan bisa menghasilkan keuntungan besar tentu jasa cuci motor yang boleh anda coba. Motor saat ini sudah banyak memiliki, termasuk orang-orang yang tinggal didaeah pedesaan. Selain digunakan sebagai alat transportasi, tidak jarang motor mereka gunakan mengangkut rumput, hasil pertanian dan sebagainya.

Pelajarilah bagaimana strategi pemasaran layanan cuci motor yang sudah terbukti bisa meningkatkan omset. Lakukan promosi tersebut secara rutin hingga target omset yang anda tentukan bisa tercapai. Jangan lupa sisakan sedikit uang tabungan untuk mengembangkan bisnis cuci motor.

Kebutuhan usaha cuci motor yang harus anda miliki:

  • Kompresor bensin harga Rp 1.900.000
  • Drum air 60 Liter harga Rp 170.000
  • Nozzle dan selang harga Rp 310.000
  • Shampo motor 6 Liter Rp 75.000
  • Kuas, lap khusus, ember dan lainya Rp 420.000


Note: Kebutuhan diatas belum termasuk sewa tempat bila anda tidak memiliki lahan.

Bengkel Motor

Usaha bengkel motor yang baik setidaknya ada layanan servis dan perbaikan motor. Bila ingin mengembangkan, bisa mmeberi layanan tambahan seperti modifikasi motor, penjualan sparepart, ganti oli, perakitan motor dan lain sebagainya. Menggeluti bengkel motor artinya anda harus berani kotor karena berhubungan dengan mesin dan oli.

Langkah awal untuk memulainya, terlebih dulu harus mempunyai tempat usaha. Sebaiknya berada di pinggir jalan yang banyak dilalui kendaraan roda dua. Carilah tempat yang cukup luas, hal ini berguna menampung kendaraan yang menunggu antrian untuk diperbaiki.

Modal & Kebutuhan bengkel motor:

  • 1 set kunci L lengkap harga Rp 150.000
  • 1 set kunci T lengkap harga Rp 200.000
  • 1 set kunci Y lengkap harga Rp 230.000
  • 1 set kunci sok harga 180.000
  • 1 set kunci pas harga Rp 140.000
  • 1 set kunci ring harga Rp 70.000
  • 3 buah kunci Inggris harga Rp 210.000
  • 1 buah palu karet harga Rp 75.000
  • 1 buah palu besi harga Rp 75.000
  • 1 buah gergaji besi harga Rp 55.000
  • 1 gerinda tangan harga Rp 650.000
  • 1 bor tangan lengkap harga Rp 210.000
  • 1 kompresor udara ukuran sedang harga Rp 1.400.000


Peluang usaha di daerah pedesaan yang satu ini saya rasa mudah berkembang dan setiap hari banyak yang membutuhkan. Mengingat kini masyarakat desa sudah menggunakan motor sebagai moda transportasi utama.

Bengkel Las

Usaha bengkel las cocok sekali dipilih bagi anda yang membutuhkan bisnis beromset besar setiap bulan. Bahkan mungkin sekali pendapatan tiap bulan yang diterima melebihi dari gaji pegawai kantoran. Bukan tanpa alasan, saat ini pembangunan terus terjadi. Baik di wilayah desa ataupun kota sedang terjadi pembangunan masal. Apabila anda pandai melihat peluang, omset yang didapat bisa mencapai puluhan juta.

Bengkel las sudah sejak lama kental dengan produk konstruksi. Namun saat ini, produk yang bisa dihasilkan lebih beragam. Seperti:

  1. Ayunan dari besi
  2. Tangga besi
  3. Pagar
  4. Kerangka kanopi
  5. Railing tangga
  6. Rangka kendaraan
  7. Bak mobil variasi
  8. Rak penyimpanan
  9. dan lain sebagainya


Beberapa produk yang tertera diatas membuktikan bila area pasar bengkel las cukup luas, tidak kalah dengan bisnis yang lain. Besarnya pangsa pasar memberikan peluang yang besar pula bagi siapa saja yang menggeluti bisnis ini.

Adapun peralatan yang harus dipersiapkan:

  1. Mesin bor listrik
  2. Mesin bor beton
  3. Mesin gerinda
  4. Genset 900 watt
  5. Mesin kompresor
  6. Mesin trafo las


Jasa Percetakan

Mempunyai bakat desain gambar atau mengolah gambar menggunakan tools editing, jenis usaha rumahan di desa yang tepat untuk anda pilihan ialah jasa percetakan. Mengandalkan keahlian dalam membuat desain serta bantuan dari perangkat percetakan, bisnis ini bisa anda jalankan dari rumah tanpa memerlukan bantuan orang lain.

Jenis layanan yang umum disediakan antara lain cetak undangan, cetak MMT, cetak brosur, cetak buku dan lain sebagainya. Peluang usaha di daerah pedesaan ini bisa menghasilkan uang ratusan juta rupiah apabila anda mempunyai jaringan pemasaran yang luas dan banyak konsumen yang menyukai hasil karya anda.

Klinik Kesehatan

Memiliki bisnis dibidang kesehatan termasuk prospek yang bagus. Bahkan tidak perlu menjadi seorang dokter agar bisa memiliki klinik kesehatan di pedesaan. Sekarang bisa melalui tawaran kemitraan yang dibuka oleh Alodokter bila ingin membuka klinik.

Setiap orang yang sakit ingin segera sehat dan bisa kembali aktifitas seperti biasanya. Sebab itulah tidak perlu merasa heran bila
bisnis dibidang layanan kesehatan ini terus mengalami pertumbuhan sejalan bertambahnya jumlah manusia.

Kesimpulan

Diatas sudah anda ketahui apa saja jenis peluang usaha di daerah pedesaan beserta besarnya modal yang diperlukan. Manakah yang menjadi pilihan anda?

Manapun yang akan anda pilih, kunci kesuksesanya terletak pada kegigihan, kerja keras serta kreatifitas anda dalam mengelola sekaligus mengembangkan bisnis. Apabila anda seorang pemula, sebaiknya gandeng teman atau kenalan anda yang mempunyai banyak pengalaman bisnis dibidang tersebut untuk dijadikan mentor. Sehingga bila terjadi hambatan pada bisnis anda, tidak lagi bingung mencari solusi.

LihatTutupKomentar