-->

Tips Menggunakan Instagram Untuk Promosi Produk

Tips Menggunakan Instagram Untuk Promosi Produk - Dengan perkiraan jumlah penggunanya sudah melebih 500 juta di seluruh dunia, Instagram adalah salah satu platform periklanan seluler terbesar untuk saat ini. Diperkirakan bahwa 48,8% dari semua brand-brnad besar saat ini aktif di Instagram , dan diperkirakan akan meningkat menjadi 70% pada  tahun 2021. Inilah yang menjadi dasar pengusaha-pengusaha banyak yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi.


Tips Menggunakan Instagram Untuk Promosi Produk


Menggunakan iklan bisnis di Instagram 10 kali lebih tinggi daripada Facebook dan 84 kali lebih tinggi daripada di Twitter. Lebih dari sepertiga pengguna Instagram telah membeli produk secara online melalui iklan yang mereka lihat, membuat mereka 70% lebih mungkin melakukan pembelian diluar media sosial Instagram.


Instagram harus digunakan sebagai bagian dari strategi pemasaran konten produk apa pun. Promosi konten adalah tentang menampilkan konten Anda kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. Kita semua tahu bahwa berusaha keras menjual kepada pelanggan yang dingin bukanlah strategi yang efektif. Memperkenalkan produk ke pelanggan sebelum meminta mereka untuk membelinya, merupakan suatu langkah yang tepat. Instagram dan Facebook adalah platform yang efektif untuk melakukan promosi ini.


Mungkin pertanyaan terpenting yang perlu Anda tanyakan sebelum Anda terjun ke Instagram adalah seberapa banyak audiens Anda yang sebenarnya aktif di platform ini? Diperkirakan 90% pengguna berusia di bawah 35 tahun, jadi target audiens Anda harus cocok dengan demografis ini.

Tips Sukses Menggunakan Instagram Untuk Promosi Produk

Gunakan Penargetan Audiens

Jadi, anggaplah Anda telah membuat targe audiens dengan cermat dan tim Anda sudah memiliki banyak ide konten dengan kalimat promosi di Instagram yang menarik. Hat-hati dengan pemilihan kata promosi, bila pesan yang ingin anda sampaikan sulit dimengerti audidens, tujuan melakukan promosi bisa gagal. Tidak berbeda halnya dengan Facebook, adanya opsi penargetan audiens pada Instagram memungkinkan anda menjangkau pengguna baru yang jauh lebih efisien daripada melalui postingan organik. Fitur promosi di Instagram ini sangatlah berguna, iklan anda lebih terarah dan tepat sasaran.


Seperti yang sudah Anda ketahui, Facebook mengakuisisi Instagram pada tahun 2012. Hal ini memudahkan anda, karena anda dapat mengelola iklan Instagram secara langsung melalui antarmuka di periklanan Facebook. Mungkin taktik penargetan terbaik adalah memasang piksel Facebook di situs Anda - ini cocok dengan pengguna yang mengunjungi situs web Anda ke akun Facebook dan Instagram mereka. Saya juga merekomendasikan untuk mengupload daftar email pelanggan Anda. Facebook kemudian dapat membuat audiens yang mirip. Ini pada dasarnya adalah pengguna Facebook / Instagram yang paling mirip dengan pelanggan Anda saat ini. Ini tidak perlu dipikirkan dan akan efektif, tetapi daftar ini akan menjadi jenuh dan Anda kemudian harus menjaga diri sendiri.


Tindak lanjuti ini dengan penargetan berbasis minat di sekitar persona pelanggan Anda. Perusahaan suplemen olahraga pasti akan menargetkan konten mereka pada pengguna yang telah menunjukkan minat pada kebugaran, gym, dan nutrisi, sedangkan perusahaan B2B mungkin akan menargetkan orang berdasarkan jabatan mereka. Jika Anda sudah memiliki persona pelanggan, ini harus menjadi akal sehat untuk memilih minat dari ini.

Bergantung pada anggaran Anda, saya akan selalu merekomendasikan untuk menguji satu atau dua elemen satu sama lain untuk mendapatkan ROI terbaik - Saya telah menulis tentang ini secara ekstensif di tempat lain sehingga saya tidak akan membahas intinya di sini.

Gunakan Tema Iklan Yang Menarik

Langkah sangat penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan dalam strategi Anda adalah menggunakan tema konten iklan. Anda harus bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan minat melalui konten, tetapi tanpa tema yang konsisten, merek Anda akan tersesat dalam kebisingan. Pengguna Anda harus dapat melihat salah satu iklan Anda dan mengaitkannya dengan merek Anda secara instan.

Lihat beberapa umpan Instagram dari merek dan Anda dapat melihat mereka mengikuti gaya yang konsisten.

Pahami Biaya Iklan di Instagram

Di tahun 2020 ini anda bisa mengatur biaya iklan sebesar Rp 10.000 untuk satu hari, akan tetapi jumlah iklan yang ditayangkan ke pengguna tentu terbatas. Bila memiliki dana yang cukup besar, aturlah biaya iklan dalam satu hari agar efektif dan bisa menghasilkan banyak uang untuk anda.

Inilah pentingnya memahami biaya iklan di Instagram, sehingga anda lebih mudah dalam mengatur keuangan yang dikhususkan untuk membayar iklan. Jika Anda belum mempertimbangkan untuk melakukan iklan premium di Instagram, mungkin ada baiknya mempertimbangkan apakah Anda sudah memiliki dasar-dasar yang tercakup dalam situs web Anda.


Apakah Anda menggunakan gaya grafis tertentu? Apa warna primer yang digunakan? Berapa ukuran fontnya? Apakah situs web hangat atau dingin? Pertahankan konsistensi ini dalam iklan Anda juga dan gunakan ini untuk menemukan tema Anda. Dalam hal faktor khusus Instagram, apakah postingan Anda bersifat informatif atau ringan? Apakah Anda menggunakan filter? Apakah materi Anda 'caption heavy'?


Perlu anda ketahu juga bila harga iklan Instagram tergantung dari jenis yang anda gunakan, apakah menggunakan iklan cerita, iklan video, iklan foto atau iklan koleksi. Jika tim media sosial dan tim pembuat konten Anda terpisah, saya sangat menyarankan untuk menggabungkan keduanya.


Seperti yang sudah disampaikan pada awal posting ini, media sosial (khususnya Instagram dan Facebook) adalah platform terbaik untuk promosi konten saat ini. Mempunyai opsi penargetan dan penargetan ulang yang luas, serta fitur lain yang begitu kompleks, yang memungkinkan Anda membangun audiens yang sesuai dengan iklan dan posting Anda.


Sekarang anda sudah mengerti apa saja tips menggunakan Instagram untuk promosi produk, siap untuk mulai menggunakanya?

LihatTutupKomentar