-->

Ukuran Postingan Instagram Tidak Pecah Untuk Promosi (Foto dan Video)

Sebagai salah satu media sosial yang jumlah penggunanya terus bertambah setiap tahunya, Instagram menjadi wadah yang paling populer untuk membagikan foto, video dan konten lainya yang berkatian dengan media. Bila anda termasuk salah satu pengguna yang rajin mengunggah di media sosial ini, wajib sekali mengetahui ukuran postingan Instagram agar tidak pecah maupun terpotong. Apalagi jika unggahan tersebut tujuanya adalah promosi.


Ukuran Postingan Instagram Tidak Pecah Untuk Promosi


Pernah gak sih unggahan anda berupa gambar atau video terlihat kurang menarik? Hal ini dampak dari tidak tepatnya ukuran yang anda gunakan. Gambar terpotong sendiri dan video blur akibat dari penggunaan ukuran yang belum sesuai. Agar hal itu tidak terjadi lagi pada diri anda, kami berikan informasi mengenai ukuran feed Instagram 2020 yang sesuai aturan.


Penting sekali memahami ukuran postingan Instagram agar orang-orang yang melihat merasa nyaman dan senang karena kualitasnya bagus. Coba anda lihat seperti apa orang-orang yang ahli membuat feedInstagram. Setiap unggahan selalu enak dilihat.


Hal tersebut tidak terjadi begitu saja. Ada teknik desain dan gambar sudah mengalami proses pengeditan serta ukuranya sudah sesuai. Sehingga tidak heran bila terlihat menarik dan mempunyai kualitas.


Mau tau gak supaya foto dan video yang anda unggah bisa pas? Simak sama-sama ulasanya di bawah ini.

Ukuran Postingan Instagram Foto, Insta Story, Video & IGTV (Update Terbaru)


Tipe Feed Instagram

Rasio

Ukuran Post

Ukuran foto square

1:01

1080 x 1080 px

Ukuran foto landscape

1.91 : 1

1080 x 608 px

Ukuran foto potrait

4:5

1080 x 1350 px

Ukuran IG Story

9:16

1080 x 1920 px

Ukuran IG live

9:16

1080 x 1920 px

Ukuran IG cover

1:1.55

420 x 654 px

Ukuran video square

1:1

1080 x 1080px

Ukuran video landscape

1.91:1

1080 x 608 px

Ukuran video potrait

4:5

1080 x 1350 px

Ukuran foto profil IG

1:1

180 x 180px


Kualitas dari gambar maupun video yang anda gunakan berpengaruh sekali terhadap pengalaman pengguna saat berkunjung ke akun anda. Sebagi seorang pebisnis yang memanfaatkan Instagram sebagi tempat promosi, sudah seharusnya memperhatikan sekali ukuran feed Instagram yang terlihat pada tabel diatas.

Ukuran Feed Instagram cm (Centimeter)


ukuran foto instagram cm


Mau sebagus apapun kamera yang anda gunakan untuk mengambil foto produk jualan, bila ukuranya belum sesuai dengan yang telah ditentukan Instagram, unggahan anda tetap saja terlihat tidak menarik.


Kesalahan inilah yang masih sering dilakukan oleh pengguna. Berikut ini adalah ukuran feed Instagram cm (ukuran dalam Centimeter) yang harus anda patuhi.

  1. Ukuran foto profile terbaru: 4.7x4.7 cm atau 180x180 pixel.
  2. ukuran foto postingan persegi: 28.5x28.5 cm atau 1080x1080 pixel.
  3. ukuran foto postingan persegi panjang landscape: 28.5x14.9 cm atau 1080x566 pixel.
  4. ukuran foto postingan persegi panjang potrait: 28.5x35.7 cm atau 1080x1350 pixel.
  5. ukuran foto story IG: 28.5x50.7 cm atau 1080x1920 pixel.
  6. ukuran video IG: 16.9x16.9 cm atau 640x640 pixel.

Percayalah bila anda mengunggah ganbar dan video menggunakan ukuran feed Instagram cm yang sesuai aturan, hasilnya terlihat lebih pas, menarik dan bagus.

Ukuran Postingan Instagram Foto Terbaru


Ukuran Postingan Instagram Foto Terbaru


Gambar atau foto merupakan berkas yang paling sering diunggah oleh pengguna, terlebih lagi padapengguana yang jualan makanan atau produk lainya di media sosial ini. Awal kali media ini diluncurkan ukuran gambar yang ditetapkan yaitu 640x640 pixel dengan aspek rasio 1:1. Kira-kira ditahun 2015pertengahan, resolusi ukuran postingan Instagram foto mengalami peningkatkan menjadi 1080x1080 pixel.


Berkat dari peningkatan ukuran tersebut, sekarang foto horizantal dan vertiak bisa anda unggah ke sosial media yang populer ini.


Dibawah ini merupakan ukuran gambar terbaik yang bisa anda gunakan:

  1. ukuran gambar square Instagram: 1080x1080 pixel, rasio 1:1.
  2. ukuran gambar potrait Instagram: 1080x1350 pixel, rasio 4:5.
  3. ukuran gambar Instagram landscape: 1080x608 pixel, rasio 1.91:1.

Jika foto yang anda simpan kebanaykan dalam bentuk square dan ingin mengubahnya menjadi landscape, aplikasi yang dapat digunakan Instagrip atau squareit. Aplikasi gratis ini sudah tersedia di Playstore dengan jumlah pengguna diatas 10 juta.

Ukuran Video Feed Instagram Terbaru


Ukuran Video Feed Instagram Terbaru


Berapakah ukuran video feed Instagram terbaru yang enak dilihat? Bagi anda yang sering melakukan promosi menggunakan video sebaiknya perhatikan ukuran ini. Apalagi jika video anda buat dengan bantuan aplikasi film maker pro, Videomaker atau Kinemaster.


Menggunakan ukuran postingan Instagram video yang tepat sangat penting agar tidak terpotong dan video anda semakin terlihat sempurna.


Ukuran video feed Instagram yang ideal yaitu 1080 x 608 pixel dan rasionya 1.91:1 (landscape) dan 4:5 video potrait.


Bila video yang anda buat untuk Instagram ukuranya tidak sesuai maka terlihat kurang menarik, tidakbagus bahkan tidak ada yang mau melihatnya. Oleh karenanya anda harus menggunakan ukuran video feed Instagram yang saya sampaikan ini agar hasilnya tampak sempurna.

Ukuran Video IGTV


Ukuran Video IGTV Instagram Terbaru


Unggahan tidak hanya bisa dilakukan melalui feed, Instagram memiliki fitur IGTV yang dapat anda gunakan mengunggah video. Dari fitur ini, anda bisa melihat dan mengunggah video yang durasinya satu menit lebih.


Berapa ukuran IGTV yang terbaru dan sempurna saat di tonton? Bagi anda yang ingin memanfaatkan aplikasi video editing untuk di unggah melalui IGTV, gunakanlah ukuran yang sesuai pada fitur ini. Percuma saja bila sudah membuat kalimat promosi yang menarik tapi kualitas video kurang mendukung.

  1. Anda bisa menggunakan video dalam bentuk landscape dan potrait, yang membedakan hanya dari bagian ukuran. Bila yang anda buat adalah landscape, maka ukuran video IGTV yang digunakan 1920x1080 piksel dan rasionya 16:9.
  2. Apabila anda membuat dalam bentuk potrait, menggunakan ukuran 1080x1920 piksel dan rasionya sebesar 9:16.

Dari kedua model diatas, mana yang lebih banyak digunakan? Model landscape yang sering digunakan dan disukai karena gambar terlihat lebih jelas dan sempurna.

Ukuran Instagram Live Terbaru


Ukuran Instagram Live


Sama seperti IGTV, feed dan story, fitur Instagram live juga memerlukan ukuran tertentu untuk mendapatkan kualitas yang bagus saat anda melakukan siaran langsung.


Berapa ukuran Instagram live terbaru?


Ketika kamu menggunakan fitur siaran langsung yang disediakan oleh Instagram, aturlah kualitas video pada ponsel dengan ukuran 720x1280 piksel dan 30 fps. Fitur ini tidak sebatas untuk pengguna ponselpintar, bagi anda yang menggunakan laptop dan pc bisa menggunakanya juga.

Ukuran Instagram Story Terbaru


Ukuran Instagram Story terbaru


Satu hal yang sebaiknya terus anda ingat saat akan mengunggah gambat ataupun video di Instagram yaitu, ukuran dari file yang ingin anda unggah harus sesuai dengan ketentuan bila yang anda harapkan adalah hasil unggahan sempurna.


Berapa ukuran Instagram story terbaru, bisa anda lihat dibawah ini:

  1. Pada bentuk potrait, ukuran yang digunakan ialah 1080 x 1920 piksel. konten yang anda unggah di Insta Story akan terlihat menarik karena sudah memenuhi standar yang ditentukan.
  2. Ukuran lainya yang bisa anda gunakan yaitu 720 x 1280 piksel. Hasil file yang diunggah akan berbentuk potrait namun ukuran lebih kecil dari yang sebelumnya.

Anda bebas lebih suka menggunakan ukuran yang mana saja, selama dalam bentuk potrait. Bila dimensi file kurang besar, ada fitur di Instagram yang bisa digunakan untuk memperbesar namun resikonya file gambar pecah. Sedangkan bila dimensinya terlalu besar, anda akan direpotkan dengan mengecilkan ukuran dari file tersebut.


Sebelum anda unggah, sebaiknya pastikan terlebih dulu ukuran postingan Instagram berupa file foto sudah memenuhi standar yang ditentukan.

Penutup

Instagram merupakan raksasa sosial media yang populer dan jumlahnya pengguna diseluruh dunia sangat besar. Tidak hanya masyarakat biasa yang menggunakan, selebriti ternama, atlet olahraga hingga pengusaha memiliki akun di media sosial ini. Dari sini dapat kita simpulkan, bila media sosial ini mempunyai market yang besar sehingga tepat bila anda memanfaatknya sebagai media promosi produk yang dijual.


Namun jangan asal-asalan dalam mengunggah produk, anda harus mengerti ukuran postingan Instagram foto, video, IGTV dan insta story agar menghasilkan gambar dan video yang menarik dan berkesan bagi pengguna yang masuk kedalam akun anda.


LihatTutupKomentar