-->

STB Polytron PDV 600t2: Spesifikasi, Harga, dan Cara Pasangnya

Polytron merupakan perusahaan elektronik yang sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia karena kualitasnya. Perseroan ini selalu memberikan inovasi dan semua produknya memiliki peforma unggulan. Salah satu barang terbaik terbaik adalah STB Polytron PDV 600T2.


STB Polytron PDV 600t2



Spesifikasi STB Polytron PDV 600T2 dan Penjelasannya

Ada banyak jenis barang terbaru dari Polytron yang sudah dirilis, salah satunya televisi. Karena sekarang ini TV analog akan segera beralih ke Televisi digital, perusahaan ini tidak ketinggalan memproduksi TV digital. Salah satunya STB Polytron PDV 600T2. Berikut ini spesifikasinya:


1.     Memiliki Fitur EWS (Early Warning System)

Set Top Box atau STB Polytron tipe PDV 600T2 memang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Barang yang satu ini memang terbilang memiliki kualitas yang terbilang unggul. Produknya dilengkapi dengan fitur sistem peringatan dini atau yang dikenal dengan EWS (Early Warning System).


EWS akan memberi peringatan dini apabila akan terjadi bencana alam. Ini akan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Apabila warga diberi tahu informasi tentang gempa bumi atau tsunami, mereka bisa mempersiapkan diri. Salah satunya mengungsi ditempat yang aman.


2.     Memiliki Fitur EPG (Electronic Program Guide)

Fitur ini akan bekerja menunjukkan jadwal siaran di TV secara ‘realtime’ untuk beberapa jam kedepan. Alhasil, siapa saja yang menonton TV bisa mengetahui kapan program televisi kesayangannya akan ditayangkan.


EPG memberikan informasi secara detail kapan waktunya akan dimulai dan berakhir. Bukan hanya itu, fitur ini juga akan menampilkan jadwal untuk beberapa hari kemudian. Dengan demikian Anda bisa melihat kapan jadwal pertandingan bola akan berlangsung.


Jika sudah ada informasi seperti ini, lebih mempermudah penonton untuk menyaksikan pertandingan sepak bola tanpa takut ketinggalan.


3.     Memiliki Fitur PVR (Personal Video Recording)

Selain dapat memberikan jadwal tayangan televisi, yang paling menarik dari produk ini adalah adanya fitur PVR. Jika di HP menyediakan aplikasi perekam layar, TV digital ini memiliki software perekam program.


Dengan adanya Personal Video Recording, Anda dapat menghentikan siaran (pause) tanpa harus mematikan TV.


Seperti tengah menonton YouTube, setelah di ‘pause’ Anda tetap bisa melanjutkan siaran. Tentu saja tidak akan kelewatan momen walaupun hanya semenit. Sambil merekam, Anda masih bisa menonton channel TV yang lain tanpa takut hasil rekaman terhenti. Cara merekam acara TV cukup mudah yaitu:

  • Menyiapkan flashdisk terlebih dahulu sebagai tempat penyimpanan hasil video rekaman.
  • Masukkan flashdisk ke port USB STB bisa dibagian depan atau belakang.
  • Menyalakan STB dan memilih acara yang akan direkam.
  • Mengambil remote TV dan menekan tombol yang bertuliskan “REC”.
  • Tayangan TV langsung direkam secara otomatis.
  • Jika sudah selesai merekam maka tekan tombol stop yang ada di remote.
  • Layar di TV akan memberikan konfirmasi.
  • Apabila benar akan menghentikan rekaman, Anda bisa menekan tombol “OK”.

4.     Full HD Media Player

Spesifikasi STB Polytron PDV 600T2 ini memiliki Full HD media player. Anda akan mudah menikmati musik dengan kualitas yang tinggi.


Resolusi Full High Definition 1080p. Cara menggunakannya dengan bisa koneksi USB pada layar televisi. Ini mendukung format MKV, MP4, AVI, MPG, TS, DAT, JPEG, MP3, WAV, dan lain-lain.


Anda bisa menonton film, foto, serta mendengarkan musik dengan gambar dan suara yang jernih. Tanpa ada semut-semut atau bayang yang mengganggu. Dijamin kegiatan santai sambil menyaksikan drama favoritpun jadi lebih seru dan betah.


5.     Fisik Set Top Box Polytron PDV 600T2

 Secara fisik STB ini hampir sama dengan set top box merek yang lain. Berbentuk persegi panjang dan terdapat logo dibagian atasnya.


Pada bagian sisi kiri terdapat tiga tombol yakni tombol power, channel up, dan channel down. Lampu infrared di sebelah kanan untuk remote receiver dan lampu indikator LED.


Pada bagian sisi kanan terdapat 1 buah port USB 2.0. Ini berfungsi untuk menghubungkan penyimpanan eksternal seperti Hardisk maupun Flashdisk. Sementara pada bagian kiri bawah terdapat sirkulasi udara agar dapat menjaga STB tidak mudah terkena panas akibat lama digunakan.

Harga STB Polytron PDV 600 T2

Set Top Box merupakan perangkat tambahan yang digunakan untuk dipasang di TV analog. Membeli STB tidak boleh sembarangan. Harus sudah terverifikasi oleh Kominfo. Harganya berkisar mulai dari Rp. 160.000-Rp. 300.000


Polytron sudah terverifikasi oleh Kominfo dan telah diakui oleh masyarakat sebagai merek produk elektronik yang memiliki kualitas yang terbaik. Semua produk yang dipasarkan rata-rata awet dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Tidak mengherankan apabila barang-barang dari Polytron harganya terbilang mahal.


Meskipun mahal kualitas dari barang tersebut tetap terjaga . Dengan begitu maka akan membuat siapa saja yang membelinya akan merasa puas dengan karena sebanding antara kualitas dan harganya.

Pembagian Set Top Box Gratis Dari Pemerintah dan Syaratnya

Meski produknya lumayan menghabiskan isi dompet, namun bukan berarti masyarakat kehilangan minat untuk membelinya. Mereka justru tetap ingin membeli barang tersebut. Untuk jangka panjang, agar tidak bolak-balik ganti servis barang elektronik tersebut.


Set Top Box digital Polytron PDV 600T2 ini memang sudah teruji ketahanannya. Sehingga harganya lebih mahal dibandingkan dengan merek STB untuk TV digital yang lain. Harga di masing-masing pasaran memang cukup bervariatif. Namun rata-rata sekitar Rp350.000- Rp375.000.


Namun pemerintah juga membagikan STB secara gratis melalui Kominfo. Kominfo telah memberikan program set top box gratis kepada masyarakat dengan syarat. Berikut syarat yang harus dipenuhi masyarakat untuk mendapatkan barang tersebut:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Keluarga miskin
  3. Telah terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS kementrian sosial.

Adapun cara mendaftar DTKS adalah sebagai berikut:

Menyiapkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang tertulis di e-KTP dan Kartu Keluarga (KK).

 Mendaftar Bansos secara online dengan mendownload aplikasinya di play store

  • Buka aplikasi dan pilih menu daftar usulan
  •  Pilih menu “tambah usulan”
  • Mengecek cembalo identitas diri
  • Lakukan validasi
  • Memilih jenis bansos yang diajukan
  • Pilihlah pemberian alat STB gratis

4.     Mempunyai televisi analog

5.     Memiliki KTP elektronik

6.     Berdomisili di daerah yang terdampak penghentian siaran TV analog (ASO) tahap 1.

7.     Sementara pada tahap 1 yang memperoleh STB digital gratis pada beberapa daerah yang sudah ditentukan.

Cara Pasang STB Polytron PDV 600T2

Bagi Anda yang masih menggunakan TV analog, bisa menggunakan STB agar tetap bisa menonton TV. Tentunya bisa membuat tayangan menjadi jernih. Namun perlu diketahui menggunakan set top box, tetap saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut penjelasan kelebihan dan kekurangan memakai STB Polytron:


1.     Kelebihan menggunakan Set Top Box Polytron

  • Dapat menikmati tayangan TV dengan gambar dan suara yang lebih baik dari sebelumnya
  • Memiliki kualitas mesin yang lebih baik dari pada merek yang lain
  • Sinyal jauh lebih bagus
  • Mampu memberikan layanan purna jual
  • Memberikan fasilitas untuk menonton film dan melihat gambar dengan berbagai jenis tipe

2.     Kekurangan menggunakan Set Top Box Polytron

a.     Harga jauh lebih mahal

b.    Tidak tersedia tombol fungsi yang terdpat pada STB sehingga akan lebih susah jika remote mengalami kendala

Langkah Memasang Set Stop Box Polytron PDV 600T2

STB biasanya bisa dibeli dengan harga dua ratus ribuan rupiah. Sebelum menggunakannya pastikan Anda sudah membaca buku panduan. Adapun cara memasang Set Top Box digital di Televisi dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Memperhatikan panel dan port pada bagian belakang STB.
  • Memasang kabel penghubung antena dari perangkat televisi digital.
  • Menyambungkan STB ke TV memakai kabel Audio Video atau bisa juga menggunakan Kabel HDMI.
  •  Menekan tombol on pada Set Top Box Digital dan di televisi dengan bantuan remote tersebut.
  • Memilih menu cari yang terdapat pada saluran otomatis dan tunggulah beberapa saat
  • Proses selesai

Jika akan terjadi bencana alam, siaran televisi digital sementara akan terhenti. Kemudian secara otomatis menggantikan siaran peringatan bencana tersebut. Apabila terjadi demikian, masyarakat diharap tidak panik dan bergegas untuk mencari tempat perlindungan bagi diri sendiri dan keluarga.


Pemerintah mulai memberlakukan peralihan TV analog ke TV digital. Adapun bagi yang masih menggunakan TV analog, bisa menggunakan STB. Anda bisa menggunakan Set Top Box yang telah terverifikasi kominfo. Salah satunya STB Polytron PDV 600T2.

LihatTutupKomentar