-->

Cara Menggunakan Set Top Box Pada TV Tabung dan LED

Set top box atau dekoder merupakan perangkat penting di dunia elektronik, khusnya televisi. Fungsinya ialah untuk mengubah sinyal berupa gambar dan audio menjadi siaran analog. Hal ini penting karena ada kebijakan penghapusan siaran analog. Namun, tidak semua orang paham akan Cara Menggunakan Set Top Box pada tv tabung dan tv LED.


Cara Menggunakan Set Top Box Pada TV Tabung dan LED


Cara Menggunakan Set Top Box Pada TV Tabung

TV tabung merupakan perangkat keluaran lama yang biasa menyiarkan siaran analog. Namun dengan adanya kebijakan baru maka diperlukan dekoder agar tetap bisa menonton. Cara menggunakan set top box di tv tabung ini wajib diketahui bagi pemilik TV tabung.


Memastikan Jenis TV Yang Dimiliki

Terdapat dua jenis TV yang beredar di pasaran yaitu TV digital dan TV analog. Pemilik TV analog tidak akan bisa menerima siaran digital, maka dari itu membutuhkan dekoder. Jadi, harus dilakukan pengecekan tipe TV dahulu.


Pengecekan bisa dilakukan melalui kardus TV, menggunakan remote, juga melalui website. Cara paling mudah yaitu melalui laman resmi kominfo. Anda dapat langsung mengetahui jenis TV sebelum memutuskan membeli STB.

  • Membuka laman kominfo yang resmi di https://siarandigital.kominfo.go.id/
  • Mencari menu ‘Perangkat TV Digital’ kemudian klik
  • Memilih kategori, klik bagian ‘Televisi’
  • Menulis secara lengkap merk dan tipe TV yang Anda miliki
  • Jika bukan merupakan TV digital, maka akan muncul informasi bahwa perangkat Anda tidak terdaftar
  • Memastikan waktu penghapusan siaran analog di wilayah Anda agar bisa segera merubah saluran di TV

2.     Memilih Set Top Box Yang Sesuai Untuk TV

Khusus untuk Anda yang TV-nya belum digital, maka harus membeli sebuah dekoder atau set top box. Perangkat kotak pipih ini harus dipilih sesuai dengan jenis TV Anda di rumah. Pemilihan harus dilakukan secara cermat dan tepat.


Langkah dalam memilih set top box tv tabung yang baik ialah seri DVB-T2. Seri tersebut merupakan jenis yang bisa digunakan di Indonesia. Sebagai tambahan, jika memiliki keterangan MODI maka akan lebih bagus.

  • Membeli di agen atau toko resmi agar terhindar dari penipuan
  • Memilih set top box yang memiliki sertifikasi resmi dari pemerintah
  • Melakukan riset terkait ulasan pelanggan perangkat set top box yang beredar di masyarakat
  • Membeli sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang tersedia
  • Satu set top box digunakan untuk satu televisi, pastikan berapa jumlah yang dibutuhkan sebelum membeli
  • Meminta saran dari teknisi di toko untuk membantu memilih merk set top box yang bagus

3.     Mengubah Kabel Antena Yang Terpasang Pada TV Tabung

Sebelum mulai memasang set top box, Anda harus mematikan TV terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak ada gangguan dalam pemasangan. Setelah dimatikan, maka langkah selanjutnya ialah mencabut kabel antena.


Biasanya, kabel antena dipasang di port TV. Letaknya bisa di samping, bawah, juga belakang. Posisi port ini bergantung pada merk TV yang dimiliki. Pastikan melepas dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan.


Menyambungkan Kabel HDMI Dari Port Set Top Box Ke TV Tabung

Kabel HDMI terdiri dari 1 kabel dengan 2 konektor di ujungnya. Setelah kabel antena dilepaskan dari port TV, maka Anda harus memasukkan salah satu ujung kabel HDMI ke dalam port set top box.


Setelah terpasang dengan benar, sambungkan ujung satunya ke port yang ada di televisi. Proses ini hanya bisa dilakukan pada perangkat TV yang memiliki port HDMI. Terdapat beberapa kelebihan saat menggunakan kabel HDMI.

  • Kelebihan HDMI yaitu tidak perlu mengompresi sinyal menjadi digital
  • Audio dan video yang dihasilkan sangat jernih, lebih berkualitas
  • Beberapa perangkat tidak memiliki port HDMI
  • Dapat berfungsi sebagai transmisi suara

5.     Solusi Jika TV Tabung Tidak Mendukung Koneksi HDMI

Cara menggunakan set top box pada tv tabung sedikit mengalami kendala bila tv tidak mendukung koneksi HDMI, namun hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Bagi Anda yang TV tabung nya tidak mendukung koneksi HDMI, maka harus menyediakan kabel AV atau audio video. Kabel ini terdiri dari 1 kabel panjang dengan 3 cabang di masing-masing ujungnya.


Cabang kabel ini memiliki warna berbeda, yakni merah, kuning, dan juga putih. Masing-masing ujungnya harus dipasang di port set top box dan TV sesuai warna. Setelah terpasang maka dapat melakukan langkah selanjutnya.

  • Port tersedia di berbagai perangkat TV baik tabung maupun digital
  • Suara yang dihasilkan sangat berkualitas dan jernih
  • Kekurangannya yaitu mudah terganggu hasilnya saat berdekatan dengan listrik tegangan tinggi

6.     Menghubungkan Daya Set Top Box

Jika seluruh kabel telah terpasang, maka hal selanjutnya ialah menyalakan televisi Anda. Di sini, peran remot akan dibutuhkan untuk mengatur ulang televisi. Biasanya pengaturan ada pada menu ‘Input’, atau disesuaikan merk.


Pilihan menu input ada berbagai macam, dapat disesuaikan dengan kabel yang terpasang. Jika Anda menggunakan kabel HDMI maka pilih menu HDMI. Jika menggunakan kabel AV maka harus memilih pengaturan AV pada TV.


Menikmati Siaran TV Digital Yang Telah Tersimpan

Setelah pengaturan dilakukan, maka hal selanjutnya ialah menyalakan set top box yang telah terhubung dengan TV. Jika langkah yang dilakukan sudah tepat, maka channel televisi akan muncul dan siap dinikmati bersama keluarga.


mencari chanel siaran digital


Jika belum muncul, Anda dapat melakukan proses pencarian channel terlebih dahulu. Cara menggunakan set top box pada TV tabung sangat mudah dilakukan, bukan? Dengan begitu, Anda sudah bisa menikmati siaran televisi.

Cara Menggunakan Set Top Box Pada TV LED

Salah satu terobosan baru dalam dunia televisi ialah penggunaan LED atau cahaya diode. Hal ini memungkinkan TV LED menghasilkan gambar yang lebih cerah. Namun tetap dibutuhkan informasi mengenai cara menggunakan set top box pada TV LED.


Cara Menggunakan Set Top Box Pada TV LED



Menentukan Untuk Menggunakan Set Top Box Bagi TV LED

Tidak semua TV LED dan juga Smart TV bisa untuk menonton siaran digital. Dengan adanya kebijakan penghapusan siaran analog secara bertahap di tahun 2022, maka masyarakat harus memahami tentang perangkat TV.


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, set top box berbagai merk dan range harga tersedia di pasaran. Saluran televisi di Indonesia dan luar negeri tentu berbeda. Maka jenis set top box pun juga akan berbeda. Untuk pengguna tv LED sebaiknya memilih STB Polytron PDV 600t2.

  • Selalu pilih set top box dengan keterangan DVB-T2, yaitu transmisi standar oleh institute khusus terkait telekomunikasi di Eropa.
  • Memilih set top box sesuai budget yang dimiliki, bagi masyarakat dengan ekonomi rendah, pemerintah bekerjasama dengan pihak televisi untuk menyediakan STB gratis yang akan segera dibagikan.

2.     Menentukan Port yang Akan Digunakan dalam TV LED Dan Set Top Box

Perkembangan teknologi menjadikan ada banyak port tersedia pada televisi. Fungsi dari masing-masing port pun akan berbeda. Anda dapat mengeksplorasi untuk mendapat kualitas maksimal.


Bahkan, kini monitor yang ada pada komputer pun bisa disambungkan ke televisi. Tentunya konektor yang digunakan harus yang khusus PC. Namun, Anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan agar tidak sia-sia.

  • Konektor RCA atau Komposit, biasa ada di setiap jenis TV. Tersedia dalam 3 cabang kabel dengan warna berbeda yaitu merah, kuning, dan putih.
  • Konektor S-Video, tersedia dalam dua jenis yaitu 4 pin dan juga 7 pin. Fungsinya terbatas hanya untuk kualitas video saja.
  • Konektor VGA, biasa digunakan untuk monitor komputer atau PC saja. Kualitasnya lebih tinggi dibandingkan dengan S-Video.
  •  Konektor DVI, memiliki kualitas yang lebih tinggi lagi dibandingkan VGA. Namun hanya terdapat pada TV digital saja.

Konektor HDMI, digadang-gadang sebagai konektor dengan kualitas paling baik.

3.     Menyambungkan Kabel HDMI Dari Port Set Top Box Ke TV LED

Sama persis dengan pemasangan pada TV tabung, penyambungan HDMI ke TV LED juga membutuhkan 1 kabel HDMI. Anda harus memasukkan salah satu ujung kabel HDMI ke dalam port set top box.


Setelah terpasang dengan benar, sambungkan ujung satunya ke port yang ada di televisi. Biasanya, TV LED mendukung adanya koneksi HDMI. Jadi bagi Anda yang hanya memiliki kabel HDMI tidak perlu khawatir.

  • Setelah terpasang sempurna, maka Anda hanya tinggal menyalakan TV, mengatur input HDMI dan menyalakan STB.
  • HDMI tipe A merupakan jenis yang biasa digunakan pada TV dan juga set top box.

4.     Alternatif Lain Yaitu Penggunaan Kabel Audio Video pada Set Top Box TV LED

Beberapa televisi memiliki kualitas gambar yang kurang jernih. Sinyal yang dihasilkan pun kurang kuat. Maka Anda boleh menggunakan kabel audio video sebagai pilihan lain. Pemasangannya pun sama persis dengan TV analog.


Setelah cabang selesai terpasang di port sesuai dengan warnanya, maka Anda dapat mulai menyalakan televisi dan mengatur input menjadi AV. Kemudian, pengecekan kualitas serta sinyal bisa dilakukan.

  • Jack kuning untuk fungsi video
  • Jack putih untuk fungsi audio sebelah kiri
  • Jack merah untuk fungsi audio sebelah kanan

5.     Pilihan Lain, Penggunaan Kabel Komponen

Cara menggunakan STB TV digital selanjutnya ialah menggunakan kabel komponen. Kabel komponen merupakan port dengan 5 macam warna, yaitu hijau, biru, merah, kuning, dan putih.


Cara pemasangannya sama dengan yang lain, hanya perlu disesuaikan dengan warna jack tersebut. Hal yang membedakan ialah setting input pada televisi yaitu menggunakan mode YPbPr. Siaran TV pun bisa dinikmati.

  • Jack warna biru berfungsi sebagai komponen Pb atau Cb
  • Jack warna merah berfungsi sebagai komponen Pr atau Cr
  • Jack warna kuning untuk mengeluarkan gambar
  • Jack warna putih untuk mengeluarkan suara bagian kiri
  • Jack warna merah untuk mengeluarkan suara bagian kanan

Khusus untuk penggunaan kabel komponen ini bisa memakai 2 kabel AV. Tips penting saat memasukkan jack pada port warna biru dan hijau bisa menggunakan warna putih atau kuning. Sesuaikan saja dengan ujungnya.

  • Kualitas lebih tinggi dibanding menggunakan kabel AV maupun HDMI.
  • Sinyal pada televisi akan jauh lebih banyak dibanding saat menggunakan AV atau HDMI sebagai penghubung set top box.

Tips penting lainnya ialah memastikan channel yang bisa diakses di wilayah tempat tinggal. Jika tidak ingin menonton siaran biasa pun, menonton YouTube juga bisa dilakukan. Syaratnya ialah jenis TV yang dimiliki ialah Smart TV.


Cara menggunakan set top box pada TV tabung maupun LED sangat mudah dilakukan, bahkan oleh tenaga amatir. Tidak perlu jasa ahli dalam pemasangan. Hal yang diperlukan hanyalah ketelitian dan juga kecermatan agar tidak terjadi kesalahan.

LihatTutupKomentar