-->

Gaji Kurir Shopee Express 2022 : Bonus, Tugas & Pendaftaran

Di samping gaji kurir Shopee Express yang bisa dikatakan lumayan, profesi itu akhir-akhir ini memang tengah diminati banyak orang. Hal itu dikarenakan memberikan kebebasan soal waktu operasional. Bahkan perusahaan juga akan menawarkan fasilitas tunjangan pada karyawannya.


gaji-kurir-shopee-express


Berapa Gaji Kurir Shopee Express Terbaru di Indonesia ?

Bagi yang bertanya-tanya tentang berapa gaji kurir Shopee Express pada dasarnya memiliki besaran antara 3 juta sampai 6 juta perbulan. Penghasilan itu akan dihitung dengan jumlah per paket. Untuk satuan barang yang di bawah nantinya akan bernilai Rp2. 213.


Contohnya jika setiap hari bisa mengantarkan 100 paket, maka secara otomatis penghasilan yang didapatkan yaitu Rp. 221.300 per harinya. Dengan begitu semakin banyak yang diantarkan kepada konsumen maka peluang untuk mendapatkan gaji besar setiap bulan sangatlah mudah.


Meskipun begitu untuk jumlah paket yang diberikan kepada kurir setiap harinya akan mengikuti peraturan dan ketentuan dari pihak perusahaan. Di samping mendapatkan gaji per bulan karyawan tersebut juga akan memperoleh berbagai bonus, uang makan dan tunjangan.

Sistem Penggajian Kurir Shopee Express Mobil dan Motor

Tidak berbeda jauh dengan sistem gaji kurir di Lion parcel, pada dasarnya untuk sistem gaji kurir Shopee Express mobil dan motor di seluruh kantor yang sebar di Indonesia umumnya sama. Biasanya akan diakumulasi dari banyaknya jumlah pengiriman paket yang sudah ditambahkan dengan tunjangan dan intensif uang bensin dan makan.


Kemudian semuanya akan diakumulasikan dalam hitungan bulan. Sedangkan akan dibayarkan setiap tanggal 1. Untuk sistem gaji kurir Shopee Express mobil dan motor tentunya sangat mudah untuk dipahami dan jauh berbeda dengan mitra drive food yang sedikit agak rumit.


Namun di akhir bulan untuk besaran nominalnya akan berbeda. Hal itu dikarenakan setiap orang akan mendapatkan bonus yang tidak sama sesuai dengan target kinerja yang diperoleh tiap harinya. Itulah gambaran umum sistem gaji kurir Shopee Express mobil dan motor yang perlu diketahui.

Bonus dan Tunjangan Kurir Shopee Express di Indonesia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa selain mendapatkan gaji profesi ini juga akan memperoleh berbagai tunjangan. Namun untuk jumlahnya antara satu orang dengan lainnya berbeda-beda. Hal itu nantinya akan sesuai dari kebijakan kantor tempat bekerjanya.

gaji kurir di shopee express terbaru


Tunjangan pertama yang akan diperoleh seorang kurir Shopee Express yaitu perawatan sepeda motor. Di samping itu juga akan memperoleh uang untuk membeli bensin dengan kisaran yang berbeda-beda untuk setiap daerah. Untuk lebih rincinya silahkan tanyakan pada pihak kantor.


Bahkan jika bisa menyelesaikan target seorang karyawan itu nantinya juga akan mendapatkan sebuah bonus. Sedangkan untuk tunjangan-tunjangan itu nantinya akan dibayarkan bersama gaji kurir Shopee Express terbaru pada awal bulan. Bagaimana tertarik untuk terjun ke profesi itu?.

Jam Kerja Kurir di Shopee Express

Tentunya untuk jam kerjanya akan sebanding dengan gaji kurir Shopee Express yang didapatkan setiap bulannya. Di mana karyawan itu akan dibebankan jam kerja selama 6 hari dalam satu minggu dengan sistem bergantian. Untuk satu shiftnya berlangsung selama 7 – 8 Per jam setiap harinya.


Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa kurir diwajibkan masuk kerja sesuai jadwal shift yang telah ditentukan. Terkadang schedulenya bisa berubah setiap 2 bulan sekali. Sementara untuk jam operasionalnya sendiri Shopee Express buka mulai pukul 08.00-20.00.


Perlu diketahui bahwa kurir Shopee Express juga diwajibkan untuk masuk sesuai jadwal shiftnya meskipun hari libur/tanggal merah. Sedangkan untuk durasi pengirimannya akan ditentukan berdasarkan pilihan layanan yang Anda gunakan. Untuk pulau Jawa biasanya sekitar 1-3 hari.

Tugas Utama Kurir Shopee Express

Dengan gaji kurir freelance dan tetap di Shopee Express yang sudah bisa dikatakan lebih dari UMR. Tentunya itu sebanding dengan tugas pokok yang harus dikerjakan. Salah satunya yaitu mengirimkan paket ke alamat tujuan. Namun faktanya masih banyak tanggung jawab lainnya seperti berikut.

  1. Kurir Shopee Express harus memeriksa dokumen yang memuat informasi laporan pengirim.
  2. Memastikan kerahasiaan dan keamanan paket hingga sampai ke tangan konsumen.
  3. Memastikan bahwa paket diterima dengan aman tanpa cacat dan kekurangan sedikitpun.
  4. Menjemput paket dari seller Shopee untuk dikirimkan ke konsumen.
  5. Membuat laporan pengiriman kemudian menyerahkan hasilnya ke petugas untuk diinput pada database perusahaan Shopee.
  6. Kurir Shopee Express juga harus bisa menyusun paket di kendaraan dengan rapi dan berurutan sesuai rute pengiriman.
  7. Untuk tugas pokoknya yaitu mengirimkan paket sesuai alamat tujuan dengan tepat waktu.

Sistem Kerja Seorang Kurir Shopee Express

Untuk sistem kerja kurir Shopee Express sendiri terutama kurir memiliki kesamaan dengan ekspedisi lainnya. Di mana pihak Shopee akan menerapkan kebijakan shifting pada karyawannya. Adapun prosedur sistem kerja harian yang diterapkan untuk profesi itu seperti berikut ini.

  1. Pertama diharuskan masuk kantor sesuai jadwal.
  2. Kemudian melakukan presensi kehadiran.
  3. Lalu mengambil dan memeriksa laporan pengiriman.
  4. Setelah itu menyusun paket di atas kendaraan sesuai dengan urutan laporan pengiriman.
  5. Tahap selanjutnya yaitu mengantarkan paket sesuai alamat tujuan yang sudah tertera.
  6. Apabila paket sampai ke kantor Shopee sebelum pukul 13.00, maka kurir wajib mengirimkannya pada hari yang sama.
  7. Jika paket sampai ke kantor Shopee lebih dari pukul 13.00 maka kurir dapat mengantarkannya di hari berikutnya.
  8. Sistem kerja kurir Shopee Express selanjutnya melakukan pick up paket dari reseller Shopee ke kantor.
  9. Akhir menyusun laporan dan menyerahkannya kepada petugas Shopee di kantor.
  10. Jadwal kerja shift pada kurir Shopee Express setiap 2 bulan sekali akan mengalami perubahan.
  11. Seorang kurir diwajibkan bekerja selama 6 dan berkesempatan mendapatkan libur satu hari.

Jenis Layanan pada Shopee Express

Perlu diketahui bahwa salah satu ekspedisi yang ada di Indonesia ini memiliki empat jenis layanan. Kesemuanya itu bisa dipilih para konsumen sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Langsung saja berikut 4 jenis layanan yang terdapat pada Shopee Express.

Shopee Express Standar

Layanan ini menggunakan ekspedisi kurir Shopee yang bekerjasama dengan wahana Shipper dan Sicepat Express. Apabila memilih jenis ini nantinya untuk estimasi pengiriman akan sampai tempat tujuan sekitar satu hingga tiga hari. Hal itu berlaku untuk kota-kota besar di pulau Jawa.


Sementara untuk pengiriman di luar kota membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 5 hari. Bukan hanya itu saja layanan Shopee Express standar juga dapat melakukan pengiriman ke negara tetangga. Namun estimasinya bisa dikatakan agak lama yakin 2 minggu.

Shopee Express Someday

Layanan ini sangat cocok bagi yang ingin mengirimkan produk berupa makanan. Karena di sini terdapat jaminan bahwa paket akan sampai di tempat tujuan pada hari yang sama. Tentunya customer diharuskan mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal daripada jenis lainnya.


Sayangnya layanan ini hanya tersedia untuk wilayah Jawa Barat, Jakarta dan Banten. Sedangkan untuk estimasi pengiriman maksimal satu kali 24 jam. Bagaimana tertarik untuk menggunakan Shopee Express Someday dalam mengirimkan paket?.

Shopee Express Instan

Sama halnya dengan Shopee Express Someday layanan ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin mengirimkan produk makanan kepada teman atau keluarga. Perbedaannya terletak pada waktu pengirimannya yang jauh lebih cepat yakin hanya 3 jam telah sampai ke tempat tujuan.


Namun jika ingin menggunakan Shopee Express instan pastikan memiliki budget yang lebih. Hal itu dikarenakan harganya yang bisa dibilang mahal. Sayangnya layanan ini belum ada untuk daerah pelosok Cuma beberapa kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya.

Shopee Express Hemat

Shopee Express hemat sangat dianjurkan bagi yang ingin mengirimkan produk dalam bentuk barang. Di samping itu harga layanan ini termasuk yang paling murah daripada lainnya. Hal itu tentunya disebabkan karena estimasi pengirimannya yang memerlukan waktu lama.


Jenis layanan ini sangat direkomendasikan bagi yang menginginkan untuk mengirim produk berbentuk barang kepada teman atau keluarga. Meskipun terbilang lama namun tidak perlu khawatir akan kerusakan paket. Hal itu dikarenakan pihak Shopee menggunakan kurir khusus.

Jadwal Pick Up Kurir Shopee Express

Jika sudah tahu kisaran besaran gaji yang dikantongi kurir setiap bulanya. Alangkah baiknya juga untuk mengetahui jadwal pick up kurir Shopee Express. Hal itu bertujuan untuk mempermudah dalam bekerja. Dalam hal ini terdapat ketentuan jam pengambilan paket yang dibedakan dengan jenis layanannya. Informasi ini saya ambil langsung dari situs resminya.

  • Layanan Shopee Express Instan untuk waktu request jam 00.00-20.00, proses penjemputan paket pada hari ini akan dimulai pukul 08.00 hingga 20.00.
  • Layanan Shopee Express P dengan waktu request jam 20.01-00.00, proses penjemputan yang akan dilakukan esok hari mulai pukul 08.00 hingga 20.00.
  • Layanan Shopee Express Someday untuk waktu request jam 00.00 – 17.00, penjemputan paket pada hari ini akan dimulai pukul 08.00- 20.00.
  • Layanan Shopee Express Someday untuk waktu request jam 17.01-00.00, proses penjemputan paket yang akan dilakukan esok dimulai pukul 08.00-20.00.
  • Layanan Shopee Express standar untuk waktu request jam 00.00-17.00, proses penjemputan paket untuk hari ini akan dilakukan mulai pukul 08.00-20.00.
  • Layanan Shopee Express standar dengan waktu request jam 17.01-00.00 maka proses penjemputan paket yang akan dilakukan esok hari dimulai pukul 08.00-20.00.
  • Layanan Shopee Express hemat dengan waktu request 00.00-17.00 maka proses penjemputan paket yang akan dilakukan hari ini dimulai pukul 08.00-20.00.
  • Layanan Shopee Express dengan waktu request 17.01-00.00 maka proses penjemputan paket yang akan dilakukan pada esok hari dimulai pukul 08.00-20.00.

Bagaimana Proses Pengiriman Shopee Express Apakah Cepat?

Cepat atau tidaknya proses pengiriman di Shopee Express akan ditentukan pada jenis layanan yang dipilih. Misalnya jenis instan, standar, someday dan hemat. Di samping itu masih banyak penyebab lamanya durasi pengiriman seperti jangkauan wilayah tujuan.


Umumnya pengiriman paket di daerah pelosok yang bisa dikatakan sulit untuk menemukan sinyal akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada di kota. Meskipun demikian banyak orang yang menilai bahwa ekspedisi ini terbilang cepat dan tepat pada waktunya.


Maka dari itu wajar jika gaji kurir Shopee Express sangat menarik. Hal itu sesuai dengan kinerja yang telah dilakukannya yang memuaskan banyak konsumen. Faktanya hingga saat ini jarang ditemukan kejadian pengiriman paket dari salah satu ekspedisi ini yang molornya lama.

Persyaratan Pendaftaran Kurir Shopee Express

Setelah mengetahui gaji kurir Shopee motor maupuun mobil tentunya banyak orang yang akan tergiur dan ingin bergabung dengan perusahaan ini. Namun sebelum mendaftarnya perlu mengetahui persyaratannya terlebih dahulu. Langsung saja berikut persyaratan pendaftaran kurir Shopee Express yang harus dipenuhi.

  • Jenis kelamin pria atau laki-laki.
  • Berusia minimal 18 dan maksimal 35 tahun.
  • Pendidikan terakhir sma/smk sederajat.
  • Mempunyai kartu identitas berupa KTP.
  • Memiliki sepeda motor sendiri.
  • Sepeda motor yang digunakan harus lengkap surat-suratnya.
  • Mempunyai SIM C yang masih aktif.
  • Memiliki smartphone Android dengan RAM minimal 2 GB.
  • Mampu untuk mengoperasikan HP dan berbagai aplikasi yang dibutuhkan.
  • Sehat jasmani dan rohaninya.
  • Memiliki rekening bank BCA pribadi.
  • Mempunyai NPWP.
  • Surat domisili RT/RW.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan harus disiplin.
  • Menguasai rute jalan daerah operasional.

Dokumen yang Harus Disiapkan

Untuk bergabung pada mitra Shopee Express juga harus mempersiapkan sejumlah dokumen. Salah satunya yaitu surat lamaran kerja yang wajib diketik menggunakan komputer. Daripada semakin penasaran langsung saja berikut dokumen yang dibutuhkan.

  • Fotokopi ijazah terakhir yakin SMA.
  • Fotocopy surat tanda nomor kendaraan (STNK).
  • Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP).
  • Surat izin mengemudi (SIM).
  • Surat lamaran pekerjaan.
  • CV terbaru.
  • Pas foto.

Cara Mendaftar Sebagai Mitra Kurir Shopee Express

Perlu diketahui bahwa pendaftaran untuk menjadi kurir Shopee Express tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis. Setelah melengkapi persyaratan di atas tahap selanjutnya yaitu melakukan pendaftaran. Langsung saja berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

  • Pertama carilah informasi terkait rekrutmen jasa kurir di Shopee.
  • Jika sudah menemukannya bukalah situs resmi Shopee.
  • Kemudian melengkapi Google formulir pendaftaran.
  • Lalu isilah data diri dengan lengkap.
  • Setelah itu masukkan data nomor NPWP.
  • Kemudian isikan informasi nomor rekening bank BCA.
  • Lalu Pilihlah lokasi penempatan.
  • Selanjutnya lengkapi Alamat tempat tinggal.
  • Lalu lengkapi juga data tentang kendaraan.
  • Isikan pengalaman kerja sebelumnya.
  • Tunggulah panggilan interview dari pihak shopee.
  • Pastikan nomor HP yang digunakan untuk mendaftar aktif.
  • Jika lolos interview maka secara langsung akan mendapatkan panggilan kerja.

Itulah pembahasan singkat tentang kisaran gaji kurir Shopee Express motor serta mobil yang wajib diketahui terutama yang ingin bergabung dalam perusahaan itu. Namun ketika ingin mendaftarnya pastikan telah memenuhi persyaratannya. Di samping itu dokumen sudah disiapkan.

LihatTutupKomentar